Median atau Nilai Tengah

Nilai Median (Pengertian, Cara Mencari, dan Contoh Soal)

Setelah artikel sebelumnya membahas tentang mean atau rata-rata, kali ini kita akan membahas tentang nilai median atau nilai tengah. Kamu pasti tidak asing lagi dengan pembahasan satu ini.

Kali ini kita akan menyajikan materi lengkap seputar median atau nilai tengah. Jika dalam mata pelajaran matematika, materi ini bisa menjadi bab wajib yang kamu terima. Jadi simak terus sampai akhir ya!

1. Pengertian Median

Median
Median

Median atau nilai tengah merupakan sebuah cara yang digunakan untuk membagi dua data berdasarkan urutan nilai. Biasanya median juga digunakan oleh guru dalam membagi kelompok belajar siswanya dalam mengerjakan tugas.

2. Macam-macam Median

2.1 Median Data Tunggal

Median data tunggal yaitu nilai tengah yang dicari dan didapatan dari penyajin data tunggal.

Misalkan 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9.

Pada data tunggal ini  pengolahannya lebih mudah, jadi kamu tinggal mecari mediannya saja ya. Karena 6 berada di tengah maka nilai median dari baris angka tersebut adalah 6.

2.2 Median Data Kelompok

Pada penyajian data kelompok biasanya terdapat panjang interval atau jarak dari data satu ke data yang lain. Misalkan 21-25, 26-30, 31-35, 36-40, dan seterusnya.

Untuk mengetahui median atau nilai tengah dalam data kelompok kuncinya ialah kamu harus mengetahui frekuensi kumulatif untuk dapat mengolah data. Setelah itu semuanya akan mudah untuk dikerjakan.

3. Cara Mencari Median Data Tunggal

Dalam mencari median data tunggal tentu caranya lebih mudah, karena patokannya adalah hanya pada jumlah data tunggal tersebut.

Jika jumlahnya ganjil, maka kamu hanya tinggal mengurutkan data terkecil ke data terbesar dan tentu kamu bisa langsung menentukan nili tengahnya.

Cara Menghitung Median Data Tunggal
Cara Menghitung Median Data Tunggal – Ilustrasi : statmat.id

Tetapi jika data yang disajikan jumlahnya genap, diambil 2 data yang berada pada tengah-tengah urutan, lalu dibagi dua. Dengan begitu maka median data tunggal yang jumlah datanya genap bisa diketahui.

4. Cara Mencari Median Data Kelompok

Median data kelompok bisa kamu cari apabila telah mengetahui kelas mediannya.

Caranya yaitu carilah kels data yang memuat nilai tengah.

Dalam mengolah median data kelompok poin yang harus kamu cari meliputi tepi bawah kelas median, banyaknya data, frekuensi kumulatif sebelum kelas median, frekuensi kelas median, dan panjang kelas.

Untuk lebih jelasny mengenai rumus matematis median data kelompok, kamu bisa lihat ke artikel rumus mean median modus, arena disana akan dijelaskan secara detail mengenai rumus median.

5. Soal dan Pembahasan

Setelah mengetahui cara mencari nilai tengah  baik data tunggal mapun data kelompok, kini saatnya kamu berlatih mengerjakan soal-soal seputar median. Tapi jangan khawatir, disini kami lengkapi dengan pembahasannya, jadi kamu tidak perlu kesulitan dalam memahami cara mencari Median atau nilai tengah dari sebuah soal.

5.1 Median Data Tunggal

Disini nanti akan kami beri soal data tunggal yang jumlahnya ganjil dan jumlahnya genap. Jadi kamu bisa mengetahui perbedaannya sekaligus bisa mengerjakannya.

Soal 1 (ganjil)

Tentukan median dari data tunggal berikut 7, 7, 6, 9, 8, 9, 7, 5, 7, 9, 9, 8, 7, 9, 8.

Jawaban :

Urutkan dahulu data tersebut dari terkecil ke terbesar 5, 6, 7, 7, 7, 7, 7, 8, 8, 8, 9, 9, 9, 9, 9.

Setelah itu langsung dicari nilai tengahnya, tau nilai yang berada di tengah-tengah dari keseluruhan data. 5, 6, 7, 7, 7, 7, 7, 8, 8, 8, 9, 9, 9, 9, 9.

Jadi mediannya adalah 8.

Soal 2 (genap)

Tentukan median dari data tunggal berikut 7, 7, 7, 7, 7, 7,  8, 8, 8, 8, 9, 9, 9, 9

Jawaban

Setelah diurutkan maka menjadi 7, 7, 7, 7, 7, 7,  8, 8, 8, 8, 9, 9, 9, 9

Nah caranya ialah 8 + 8 = 16

Kemudian 16 ÷ 2 = 8

Jadi mediannya adalah 8.

Bisa membedakan antara data tunggal jumlahnya ganjil dengan data tunggal yang jumlahnya genap kan? Mudah sekali sebenarnya.


Median Data Kelompok

Dalam soal data kelompok maka kamu harus sedikit lebih teliti saat mengerjakan daripada data tunggal. Simak baik-baik soal berikut ini ya.

Tentukan median dari data berat badan siswa kelas XII IPS di bawah ini!

BERAT BADAN (KG)

FREKUENSI
40-448
45-4910
50-5415
55-599
60-64

3

Jawaban :

Langkah pertama adalah tentukan frekuensi kumulatif data, dengan penyajian tabel sebagai berikut :

BERAT BADAN (KG)FREKUENSIFREKUENSI KUMULATIF
40-4488
45-491018
50-541533
55-59942
60-64345

Jumlah datanya adalah 45, sehingga nilai tengahnya adalah 23, yang terletak pada kelas interval ke-3 (50-54) sehingga ini kita sebut sebagai kelas median.

Selanjutnya bisa kita peroleh data :

  • Batas bawah kelas median = 49,5
  • Frekuensi kumulatif sebelum kelas median = 18
  • Frekuensi kelas median = 15
  • Panjang kelas = 5

Maka hasil dari pengolahan data tersebut memperoleh median = 51

Untuk rumus matematis bisa dilihat ke artikel rumus mean median modus.

Mudah sekali kan? Itulah penjelasan dari nilai median atau nilai tengah yang bisa kamu pelajari sendiri. Tetap perbanyak belajar materi ini ya karena pasti sangat kamu butuhkan. Tetaplah semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.