Perhatian!Rumus error? gunakan google chrome atau firefox

Indeks Pembangunan Manusia (IPM): Rumus & Cara Hitung

Pengertian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) – (Human Development Index) menggambarkan tiga dimensi kehidupan manusia, yaitu peluang hidup (longevity), pengetahuan(knowledge), dan standar hidup layak (decent living standard).

Indeks Pembangunan Manusia(IPM) juga disebut indeks komposit yaitu indeks yang disusun dari indeks-indeks lainnya yakni indeks pendidikan, indeks harapan hidup dan indeks pendapatan.

Di Indonesia, IPM disusun secara resmi oleh Badan Pusat Statistik (BPS) untuk kepentingan pemerintah. Dengan data IPM, pemerintah dapat mengambil keputusan dan kebijakan pembangunan yang lebih baik dan terarah. IPM juga merupakan salah satu dari 4 variabel yang digunakan untuk mentukan besar kecilnya nilai dana alokasi umum (DAU).

Baca Juga :

Fokus utama tercapainya pembangunan manusia

Menurut UNDP tahun 1995, terdapat empat fokus yang menjadi perhatian utama untuk mencapai tujuan pembangunan manusia suatu negara. Keempat fokus tersebut adalah produktivitas, pemerataan, kesinambungan, dan pemberdayaan.

  • Produktivitas

Produktivitas diartikan sebagai salah satu Aspek penting di mana 1 penduduk diharapkan mampu memperoleh penghasilan atau pendapatan untuk menafkahi keluarganya. Produktivitas lebih luas dilihat dari kontribusi terhadap pembangunan ekonomi suatu daerah.

  • Pemerataan

Pemerataan dianggap sebagai tugas pemerintah dimana setiap penduduk mendapatkan kesempatan yang layak dan sama untuk mendapatkan dan memanfaatkan akses terhadap sumber-sumber daya ekonomi dan sosial. Pemerintah bertanggung jawab atas hambatan-hambatan yang memperkecil kesempatan penduduk untuk mendapatkan akses ke sumber-sumber produksi untuk mengembangkan perekonomiannya.

  • Kesinambungan

Pemerataan kesempatan untuk memperoleh akses terhadap seluruh sumber-sumber produktif harus dilakukan secara terus-menerus. Pengembangan dan pemerataan kesempatan harus dilakukan dari generasi ke generasi.

  • Pemberdayaan
Baca Juga:  Pengertian dan Rumus Indeks Nilai Tukar Petani

Masyarakat harus diberikan kesempatan seluas luasnya untuk ikut membangun dan menentukan nasib keluarganya dan daerahnya di masa mendatang. Masyarakat merupakan objek pembangunan yang harus diikutkan dalam membangun suatu wilayah.

Interpretasi nilai IPM

“Semakin tinggi nilai IPM suatu daerah, dalam arti semakin mendekati nilai 100, maka semakin bagus tingkat pembangunan manusia di daerah tersebut”.

Kriteria IPM suatu daerah

  • IPM rendah,jika IPM < 50
  • IPM sedang,jika 50 < IPM < 80
  • IPM tinggi,jika IPM > 80

Komponen (DimensiOPenyusun IPM

  • Umur panjang (x1), sebagai indikatornya adalah angka harapan hidup pada saat lahir
  • Pengetahuan (x2), sebagai indikatornya adalah ukuran kombinasi antara angka melek huruf pada penduduk dewasa (dengan bobot 2/3) dan rata-rata lama sekolah (dengan bobot 1/3)
  • Tingkat kehidupan yang layak (x3), yang diukur dengan pengeluaran perkapita

Setiap tahun Daftar negara menurut IPM diumumkan berdasarkan penilaian diatas. Pengukuran alternatif lain adalah Human Poverty Index yang lebih berfokus kepada kemiskinan.

Pada umumnya untuk mengubah sebuah variabel awal, sebagai contoh x, kepada sebuah index bebas antara 0 dan 1 (yang memperbolehkan indeks yang berbeda untuk ditambahkan sebagai satu kesatuan), formual yang digunakan adalah sebagai berikut:

\(x Index =\frac {x-min (x)}{max (x)-min (x)}\)

dimana min (x) dan max (x) adalah variabel angka maksimum dan minimum x yang dapat diperoleh.

Rumus Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

IPM \(=\frac {1}{3}\)(Indeks X1 + Indeks X2 + Indeks X3)

Index \(X_{i,j}=\frac {(X_{i,j}-X_{i-min})}{(X_{i-max}-X_{i-min}}\)

Dimana :

X(i, j)   : Indikator ke-I dari daerah j

X(i,min) :  Nilai minimum dari Xi

X(i,max) : Nilai maximum dari Xi

Berikut contoh IPM NAD tahun 2008, selain itu juga disajikan informasi Harapan Hidup, melek Huruf, Lama Sekolah, dan pengeluaran sebagai komponen IPM.

Baca Juga:  Distribusi Frekuensi : Pengertian, Aplikasi, Contoh Tabel, dan Tutorial

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) NAD

Semoga dengan artikel ini anda semakin paham baik konsep maupun cara memperoleh indeks pembangunan manusia (IPM).

print

Tinggalkan Pesan

Loading Facebook Comments ...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons
Read previous post:
Penyajian Data Statistik : Penyajian data Grafis dan Numerik

Penyajian Data Statistik - Statistika deskriptif adalah metode–metode yang berkaitan...

Pengertian dan Contoh Soal Uji Anova Satu Arah

Anova Satu Arah (One Way Anova) - seperti yang dijelaskan...

Close