Perhatian!Rumus error? gunakan google chrome atau firefox

Penyajian Data Statistik : Penyajian data Grafis dan Numerik

Penyajian Data StatistikStatistika deskriptif adalah metode–metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu kumpulan data sehingga memberikan informasi yang berguna. Statistika deskriptif memberikan informasi hanya mengenai data yang dipunyai dan sama sekali tidak menarik iferensia atau kesimpulan apapun tentang data tersebut.

Penyajian data kategori deskriptif dapat berbentuk grafis dan numerik, yaitu  penyajian data statistik dalam bentuk grafis dan numerik.

Baca juga :

Penyajian Data Statistik Dalam Bentuk Grafis

  • Histogram
Penyajian Data Statistik - Histogram
mathworks.com

Histogram adalah grafik dari distribusi frekuensi suatu variabel. Tampilan histogram berupa balok. Penyajian data ini terdiri dari dua sumbu utama dengan sudut 90 dimana sebagai absis sumbu X dan sebagai ordinat Y. Lebar balok merupakan jarak dari batas kelas interval, sedangkan tinggi balok menunjukkan besarnya frekuensi.

  • Pie Chart
Penyajian Data Statistik - Pie chart
https://study.com/

Pie Chart / Diagram kue merupakan sebuah lingkaran yang dibagi menjadi beberapa sektor. Tiap sektor menyatakan besarnya presentase atau bagian untuk masing-masing kelompok.

  • Poligon
Penyajian Data Statistik - Poligon
Plengdut.com

Poligon adalah grafik dari distribusi frekuensi tergolong suatu variabel. Tampilan poligon berupa garis-garis patah yang diperoleh dengan cara menghubungkan puncak masing-masing nilai tengah kelas. Poligon sangat baik digunakan untuk membandingkan bentuk dari dua distribusi.

  • Ogive
Penyajian Data Statistik - Ogive
Math@TutorVista.com

Ogive adalah bentuk gambar dari distribusi frekuensi kumulatif suatu variabel. Untuk suatu tabel distribusi frekuensi, dapat dibuat ogive positif dan ogive negatif.

  • Diagram Batang Daun (Stem and Leaf)
Penyajian Data Statistik - Stem and leaves
myTestBook.com

Diagram Batang Daun (Stem and Leaf) sama dengan histogram, hanya saja informasi yang diperoleh lebih baik karena diagram batang daun memperlihatkan nilai-nilai pengamatan asli. Dalam diagram ini ditampilkan bilangan-bilangan sebagai batang dan disebelah kananya ditulis bilangan sisanya.

Penyajian Data Statistik Numerik

Penyajian data secara numerik terdiri dari beberapa bentuk:

Baca Juga:  Indeks Harga Konsumen (IHK) dan Indeks Biaya Hidup(IBH)

♥  Central Tredency (Ukuran Pemusatan)

Central tredency merupakan pusat sekumpulan data, artinya jika sekumpulan data salah satu ukran pemusatannya, maka kita dapat mengetahui bahwa nilai ini merupakan pusat dari beberapa nilai lainya.

  • Mean atau nilai tengah populasi secara umum merupakan jumlah seluruh nilai-nilai data dibagi dengan banyaknya data.
  • Modus merupakan nilai yang terjadi paling sering atau yang mempunyai frekuensi paling tinggi dari suatu populasi.
  • Median suatu populasi yang telah diurutkan dari yang terkecil sampai terbesar atau terbesar sampai terkecil adalah pengamatan yang tepat ditengah-tengah bila banyaknya pengamtan itu ganjil, atau rata-rata kedua pengamtan yang ditengah bila banyknya pengamatan genap.

  Dispersion atau pencaran

Dispersion atau pencaran digunakan untuk mengetahui seberapa jauh pengamatan-pengamtan yang kita peroleh menyebar dari rata-ratanya.

  • Range adalah beda antara pengamatan terbesat dan terkecil dalam kumpulan data tersebut.
  • Standar Baku (Standar deviasi) suatu ukuran yang menunjukkan deviasi standar data pengamtan terhadap rata-ratanya.
  • Variansi adalah kuadrat dari standar deviasi.

  Fractile

  • Kuartil adalah nilai-nilai yang membagi sebuah populasi pengamtan menjadi empat bagian sama besar. Nlai-nilai itu, yang dilambangkan dengan Q1, Q2, dan Q3, mempunyai sifat bahwa 25% data jatuh dibawah Q1, 50% jatuh dibawah Q2, dan 75% jatuh dibawah Q
  • Desil adalah nilai-nilai yang membagi populasi pegamtan menjadi 10 bagian yang sama. Nilai-nilai itu, dilambangkan dengan D1, D2, …, D9, mempunyai sifat bahwa 10 data jatuh dibawah D1, 20% jatuh dibawah D2, …, dan 90% jatuh dibawah D9.
  • Persentil addalah nilai-nilai yang membagi segugus pengamtan menjadi 100 bagian yang sama. Nilai-nilai itu, dilambangkan dengan P1, P2, …, P99, mempunyai sifat bahwa 1% dari seluruh data terletak di bawah P1, 2% terletak di bawah P2, …, dan 99% terletak dibawah P
Baca Juga:  Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB)

  Skewness

Skewness menunjukkan kemiringan dari sebuah data yang ditampilkan dalam bentuk histogram. Terdapat tiga bentuk skewness, yatu:

  • Simetris adalah bentuk sebaran yang dapat dilipat sepanjang sumbu tegak sehingga kedua belahanya saling menutupi. Nilai tengah dan mediannya terletak pada posisi yang sama pada sumbu datar.
  • Menjulur positif adalah bentuk sebaran yang menjulur ke kanan. Bagian kanannya lebih panjang. Nilai tengahnya lebih besar daripada median.
  • Menjulur negatif adalah bentuk sebaran yang menjulur ke kiri. Bagian kirinya lebih panjang. Nilai tengahnya lebih kecil daripada median.

♥  Pengukuran Keruncingan

  • Leptokurtis
  • Platikurtis
  • Mesokurtis

Demikian artikel mengenai penyajian data statistik, semoga anda semakin paham dan dapat mengaplikasikannya. jika artikel ini bermanfaat, mohon tinggalkan pesan di kolom komentar. Terima kasih.

print

Tinggalkan Pesan

Loading Facebook Comments ...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons
Read previous post:
Pengertian dan Contoh Soal Uji Anova Satu Arah

Anova Satu Arah (One Way Anova) - seperti yang dijelaskan...

Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB)

Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) merupakan salah satu indikator untuk...

Close