Nilai Modus (Pengertian, Cara Mencari, dan Contoh Soal)

N

Topik pembahasan kali ini adalah materi tentang modus. Kita akan bahas tentang pengertian nilai modus dan bagaimana cara mencari nilai modus untuk data tunggal dan kelompok.

Modus yang akan dibahas disini bukanlah ajang tebar pesona untuk menarik perhatian lawan jenis ya sobat, namun modus yang dibahas ialah nilai yang sering muncul dalam suatu data hasil penelitian.

Berbicara tentang modus pasti tak akan jauh-jauh dari 2 saudaranya, yaitu mean dan median, hal ini dikarenakan ketiga hal tersebut saling berhubungan.

Namun disini kita hanya membahas tentang modus saja, untuk mean dan median bisa kita lihat pada artikel yang lain. Mari simak penjelasan modus berikut ini ya sobat.

1. Pengertian Modus

Pepatah mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang, jadi sebelum kita membahas lebih jauh tentang modus ada baiknya kita berkenalan dahulu dengannya.

Penjelasan Lengkap Nilai Modus
Penjelasan Lengkap Nilai Modus – Sumber: IdSchool

Modus adalah nilai atau ukuran data yang sering muncul atau memiliki frekuensi paling banyak dan disimbolkan dengan M0 .

2. Macam-Macam Modus

Sobat modus terbagi menjadi 2, yaitu modus data tunggal dan modus data kelompok. Berikut adalah penjelasannya, simak dengan baik ya!

2.1 Modus data tunggal

Modus ini berisi nilai data yang sering muncul dalam deretan data tunggal. Contohnya dapat dilihat pada artikel mean, median, dan modus ya sobat.

Oh iya dalam data tunggal modus yang muncul biasanya lebih dari satu, sehingga disebut bimodal apabila terdapat 2 modus atau multimodal apabila lebih dari dua modus yang ditemukan.

2.2 Modus data kelompok

Modus data kelompok ialah nilai yang paling banyak muncul dalam suatu data interval, biasanya data interval hanya memiliki satu modus saja loh sobat.

3. Cara Mencari Modus Data Tunggal

Untuk mencari nilai modus data tunggal tak perlu menggunakan rumus-rumus yang membuat pusing kepala loh sobat.

Kalian hanya perlu mengurutkan data yang ada mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar serta amatilah nilai mana yang paling sering muncul atau memiliki frekuensi terbanyak dan foila itulah modus yang kalian cari, sungguh mudah bukan.

4. Cara Mencari Modus Data Kelompok

Perlu diperhatikan, cara patas yang digunakan untuk mencari modus dalam data tunggal tidak berlaku untuk mencari modus dalam data kelompok yups.

Sehingga kalian harus menggunakan rumus yang bisa sobat lihat di artikel rumus mean, median, dan modus, karena disana telah dijelaskan secara detail dan terperinci.

5. Soal dan Pembahasan

Berikut akan disajikan beberapa contoh soal dan pembahasan terkait pencarian nilai modus ya sobat, simak dengan baik ya.

5.1 Soal Modus data tunggal

Carilah modus dari data berikut ini!

9,8,5,6,6,4,3,5,9

Jawab:

Seperti penjelasan di atas bahwa dalam pencarian modus data tunggal tak perlu repot-repot menggunakan rumus.

  • Langkah pertama urutkan data ditas sehingga menjadi 3,4,5,5,6,6,8,9,9.
  • Langkah kedua mengamati nilai mana yang sering muncul, dan ternyata angka 5, 6, dan 9.
  • Jadi modus dari data diatas ialah 5,6, dan 9 karena memiliki memiliki frekuensi terbanyak dengan 2 kemunculan. Dan disebut multimodal karena memiliki modus lebih dari 2.

5.2 Soal Modus data kelompok

Berikut adalah tabel dari nilai kelas A.

Kelas Interval Frekuensi (f)

51-55

2
56-60 7
61-65 20
66-70 25
71-75 13
76-80 7
81-85

4

Berapakah modus nilai mahasiswa kelas HES. A tersebut?

Jawab:

Dari data diatas, kita bisa mengetahui bahwa modus berada pada kelas 66-70. Hal ini dikarenakan kelas tersebut memiliki frekuensi paling banyak.

  • Langkah pertama kita harus menghitung batas bawah kelas, frekuensi kelas sebelumnya, frekuensi kelas sesudahnya, serta panjang kelas tersebut, seperti berikut ini.
    Modus Data Kelompok - Mencari Batas, Frekuensi Kelas, dan Panjang Kelas
    Modus Data Kelompok – Mencari Batas, Frekuensi Kelas, dan Panjang Kelas
  • Langkah kedua tinggal memasukkan ke dalam rumus Mo = Tb + \(\frac{\Delta F1}{\Delta F1+\Delta F2}\)P, seperti yang ada pada artikel rumus mean, median, dan modus, ya sobat.
    Memasukkan Rumus Menghitung Modus Data Kelompok
    Memasukkan Rumus Menghitung Modus Data Kelompok
  • Jadi nilai modus dari data nilai kelas A ialah 67,17

Bagaimana nih sobat, pasti sudah paham dan ahli mencari nilai modus kan? Tapi jangan lupa untuk terus dipraktikkan ya sobat agar tidak mudah lupa, sampai jumpa di artikel selanjutnya bye-bye.

About the author

Soleh Hasan Wahid

Saya suka membagikan artikel yang informatif. Dan semoga tulisan saya dapat bermanfaat untuk para pembaca.

...Terima kasih...

Add Comment