Cara Konversi 1 Ton ke dalam KG (Kilogram) Plus Contoh Soal dan Jawaban

C

Pernahkah sobat statmat.id bertanya-tanya 1 ton berapa kg (kilogram)? Jika itu yang ditanyakan, kita akan bahas selengkapnya disini.

Hallo sobat statmat, tidak jarang nih kita pasti berfikir sejenak jika mendadak ditanya tentang satuan berat. Salah satunya adalah 1 ton berapa kg (kilogram) ?

Sobat statmat tidak perlu bingung ya, kita akan belajar bersama disini. Silahkan disimak sampai akhir ya guys!

1. Pengertian Ton

Satuan ton merupakan satuan resmi untuk mengetahui berat benda dan telah digunakan di seluruh negara. Biasanya satuan ton digunakan untuk mengetahui berat dari sebuah barang tertentu.

2. Barang dengan Satuan Ton

Apa saja sih barang-barang disekitar kita yang bila ditimbang beratnya mencapai beberapa Ton.

Ilustasi 1 Ton berapa Kg
Ilustasi 1 Ton berapa Kg – Oleh : Statmat.id

Adapun contohnya ialah mobil, pesawat, kapal, alat berat, mesin produksi, mesin di sebuah perusahaan dan lain sebagainya. Selain itu beberapa benda yang dimuat dalam kendaraan besar seperti truk kontainer juga sering diukur dengan satuan ton.

3. Pengertian Kilogram

Sering nih kita mendengar istilah 1 ton berapa kg ? Kilogram disini berarti satuan unit internasional untuk mengukur massa atau berat.

Lalu apa sih perbedaannya dengan ton?

Ton itu digunakan untuk mengukur benda atau barang yang memiliki massa sangat besar. Tetapi kilogram biasanya digunakan untuk megetahui berat bahan-bahan makanan, buah, beras, gula, minyak, dan lain lain.

4. Barang dengan Satuan Ton

Dari penjelasan di atas bisa kita bandingkan, jika dalam kehidupan sehari-hari memang dua satuan ini sangat kerap dijumpai. Dalam sebuah pekerjaan, misal seorang kontraktor pasti selalu akrab menggunakan istilah ton.

Tapi berbeda dengan seorang penjual sembako, pasti lebih sering berjumpa dengan istilah kilogram. Inilah bukti bahwa satuan massa ini telah begitu dekat dengan masyarakat.

Adapun beberapa barang dengan satuan kg antara lain gula, minyak, rempah-rempah, beras dan beberapa barang sejenis lainya yang tentunya sering kita jumpai di toko-toko.

5. Rumus Ton dan Kg (Kilogram)

Perlu sobat Net ketahui, bahwa untuk menentukan besarnya satuan massa ini diperlukan rumus-rumus khusus. Termasuk untuk mengetahui konversi antara Ton ke Kilogram juga dapat menggunakan rumus seperti di bawah ini.

Tabel Diagram Ton dan Kilogram

No.TONKILOGRAM
1.1 ton1000 kilogram
2.2 ton2000 kilogram
3.3 ton3000 kilogram
4.4 ton4000 kilogram
5.5 ton5000 kilogram
6.6 ton6000 kilogram
7.7 ton7000 kilogram
8.Dstdst
Tabel konversi ton ke kilogram

Mudah sekali kan memahaminya? Jadi sobat statmat bisa mudah mengingat bahwa 1 ton itu sama dengan seribu kilogram. Ini rumus pasti, yang sudah ditetapkan di seluruh negara dan menjadi rumus tetap.

Artinya tidak kemudian dapat berubah jika dipakai di suatu negara manapun.

5. Rumus Kg (Kilogram) ke Ton

Lalu bagaimana cara kita mengetahui rumus kilogram ke ton? Seperti penjelasan diatas, jika 1 ton itu sama dengan seribu berarti ada rumus perkalian, maka untuk mengetahui kilogram ke ton ada rumus pembagian.

1 Ton = 10 Kwintal = 1000 Kg
1 Ton = 10 Kwintal = 1000 Kg – Oleh : Statmat.id

Jadi satu kilogram jika ingin dirubah ke satuan ton maka harus dibagi seribu. Disini sobat statmat tidak hanya mengetahui ukuran konversi dari Ton ke Kilogram saja ya, tetapi juga satu kilogram itu berapa ton.

6. Diagram Konversi Ton ke Kg (Kilogram)

Rumus paling mudah jika sobat Net masih ingat satuan berat yang digambarkan pada anak tangga, jika satuan itu turun satu tangga maka dikali sepuluh.

Rumus Kilogram
Rumus Kilogram – Oleh : Statmat.id

Kemudian apabila dalam gambar di bawah ini naik satu tangga maka pernilai massa akan naik sepuluh kali lipat. Di bawah ini merupakan gambar cara mengetahui rumus satuan kilogram.

7. Contoh Soal dan Pembahasan

Jika sobat statmat disini juga akan dijelaskan beberapa contoh soal beserta pembahasan yang bisa kalian pelajari sendiri untuk mengetahui lebih dalam mengenai cara mengukur perbandingan ukuran massa di atas.

Simak dengan teliti ya!

Soal 1

Sebuah truk kontainer memiliki berat sekitar 45 ton, coba hitunglah berat truk itu dalam satuan kilogram.

Jawaban :
1 ton = 1000 kg
45 ton= 45 x 1000 = 45.000 kg
Jadi berat truk kontainer tersebut adalah 45.000 kilogram.


Soal 2

Penjual buah di pasar mengangkut 100 kilogram apel menuju pasar Gedhe, coba hitung berat buah tersebut dalam satuan ton.

Jawaban :

1 kilogram = 0,001 ton

100 kilogram = 100 x 0,001 = 0,1 ton

Jadi 100 kilogram itu sama dengan dengan 0,1 ton.


Soal 3

Andi adalah seorang penjual beras dan setiap hari selalu mengirim beras ke kota minimal seberat 250 kg, dengan naik mobil colt dengan berat 1.150 kg. Coba hitung berat keseluruhan dalam satuan ton!

Jawaban

1 kilogram = 0,001 ton

250 kilogram = 0,25 ton

1.150 kilogram = 1,15 ton

0,25 ton + 1,15 ton = 1,4 ton

Jadi berat keseluruhan adalah 1,4 ton.


Soal 4

Satu truk kontainer dengan berat 35 ton mengangkut 3 mobil perang yang masing-masing seberat 1,5 ton, 2 ton, dan 2,5 ton, berapa kilogram kah semua berat mobil itu?

Jawaban :

1 ton = 1.000 kilogram

35 ton = 35.000 kilogram

1,5 ton = 1.500 kilogram

2 ton = 2.000 kilogram

2,5 ton = 2.500 kilogram

Keseluruhan = 35.000 kg + 1.500 kg + 2.000 kg + 2.500 kg = 41.000 kg

Jadi berat keseluruhan yaitu 41.000 kilogram.


Bagaimana sobat Net? Mudah sekali kan? Telah kami paparkan penjelasan mengenai 1 ton berapa kg (kilogram) dan juga sebaliknya beserta contoh soal yang mudah difahami. Semoga bermanfaat ya, dan teruslah belajar.

About the author

Soleh Hasan Wahid

Saya suka membagikan artikel yang informatif. Dan semoga tulisan saya dapat bermanfaat untuk para pembaca.

...Terima kasih...

Add Comment