Cara Mudah Mengenal Garis Vertikal dan Horizontal [Contoh Gambar]

C

Belajar matematika, pasti kita akan mengenal garis koordinat atau lebih akrab disebut garis vertikal dan horizontal. Dua garis ini memang menjadi inti dari materi geometri dasar pada pelajaran matematika.

Apa sih garis vertikal dan garis horizontal itu? Apakah sobat langsung bisa menjelaskan sekaligus dengan perbedaannya? Kalau belum, sobat wajib baca artikel ini sampai selesai ya! Jangan dilewatkan, ini materi penting lo!

1. Pengertian Garis Vertikal

Mengenal vertikal dan horizontal kita harus mengetahui istilahnya satu persatu. Garis vertikal merupakan garis yang tegak lurus menuju arah permukaan bumi (dari atas ke bawah). Atau bisa dikatakan garis vertikal = garis meninggi.

Pada koordinat kartesius, garis vertikal sering digambarkan dengan garis yang sejajar dengan sumbu y. Saat mengerjakan soal titik koordinat, sobat pasti akan sering menggambar garis ini.

Garis Vertikal
Garis Vertikal

Cara mudah mengenal garis vertikal ini yaitu perhatikan saja segala garis yang tegak lurus seupama angka satu ataupun huruf “I“. Dalam menggambar titik koordinat, sobat hanya perlu mengingat namanya “vertikal” terdapat dua huruf yakni “ti“, ingat saja bahwa dua huruf itu bisa dijadikan patokan yaitu kata “tinggi“.

Jadi sobat bisa dengan mudah mengingat apa itu garis vertikal salah satunya dengan cara tersebut.

Ini juga bisa sobat jadikan patokan dalam mengenal vertikal dan horizontal karena setelah ini akan kami jelaskan mengenai garis horizontal. Tetap simak baik-baik ya!

2. Contoh Garis Vertikal

Sebelum itu, sobat harus tahu nih. Seperti apa sih garis vertikal itu? Dan contohnya apa saja? Kira-kira bisa ditemui dalam contoh soal matematika yang seperti apa? Daripada banyak pertanyaan, yuk langsung simak gambar di bawah ini.

Garis AB itu merupakan contoh dari garis vertikal ya sobat. Jika dalam soal matematika sobat menemukan gambar seperti dalam contoh, langsung saja tunjukkan garis vertikal yaitu garis yang tegak lurus dan sejajar dengan sumbu y.

Inilah pentingnya sobat mengenal vertikal dan horizontalsebagai bahan utama dalam belajar.

Dalam contoh lain juga bisa sobat temukan dalam kehidupan sehari-hari nih. Misalkan ketika sobat sedang berdiri di halaman rumah.

Posisi sobat itu juga merupakan contoh dari garis vertikal, karena tegak lurus terhadap permukaan bumi. Masih banyak sekali contoh-contoh lainnya, dan bisa sobat cari sendiri ya.

Baca Juga: 1 Hektar Berapa Meter? Ini dia Jawabannya

3. Pengertian Garis Horizontal

Setelah mengetahui definisi garis vertikal, kini saatnya kita belajar garis horizontal. Garis horizontal merupakan garis yang menduduki posisi mendatar dari permukaan bumi (kanan ke kiri). Atau bisa disimpulkan bahwa garis horizontal = garis mendatar

.Sedangkan pada koordinat kartesius, garis horizontal sering digambarkan dengan garis yang sejajar dengan sumbu x. Disinilah perbedaannya ketika kita telah mengenal garis horizontal.

Garis Horizontal
Garis Horizontal

Cara paling mudah untuk mengenali garis horizontal adalah bisa sobat lihat pada benda apapun atau simbol apapun yang bentuknya mendatar.

Seperti simbol pengurangan ““, garis horizontal mirip sekali dengan simbol pengurangan ini. Hanya saja garis horizontal lebih besar dan juga lebih panjang.

Garis horizontal memang mudah sekali dibuat, pada materi koordinat misalnya, pasti sobat juga akan sering menggambarkan garis horizontal ini.

Mengenal garis horizontal memang sangat mudah dilakukan ya. Jadi jangan takut jika sobat belum bisa menentukan garis apa ini, karena setelah membaca artikel ini pasti sobat langsung bisa membedakan.

4. Contoh Garis Horizontal

Dalam memahami garis horizontal itu seperti apa, dan agar sobat lebih mudah membedakan dengan garis vertikal maka perhatikan gambar di bawah ini ya.

Garis CD itulah contoh garis horizontal pada sebuah koordinat ya sobat. Sangat mudah ditemukan, mana yang disebut dengan garis horizontal. Karena posisinya yang mendatar dan sejajar dengan sumbu x itulah garis horizontal.

Contoh yang lain yaitu bisa sobat temukan di sekeliling ya, agar pemahaman sobat mengenai garis horizontal ini lebih dalam.

Coba lihat pada jembatan di sekitar rumah sobat, jika sobat lihat dari jarak yang jauh, maka akan nampak bentuknya yang mendatar. Ini yang disebut dengan garis horizontal.

Selain itu bisa sobat lihat pada perumahan di sebuah daerah, tetapi dari jarak yang jauh juga. Disitulah sobat akan menemukan rumah yang berjajar mendatar serupa dengan garis horizontal. Mudah difahami kan?

Baca Juga: 1 Ton Berapa Kg (Kilogram?)

Nah, dua garis ini telah kami jelaskan berikut disertai dengan contohnya. Pasti sobat mudah memahami kan? Mengenal vertikal dan horizontaltidaklah sulit bukan?, karena keduanya sebenarnya saling berkaitan. Sobat hanya perlu menghafal pengertian singkatnya saja. Selamat belajar ya! Jangan lupa semangat.

About the author

Statmat Staff

Suka berbagi pengetahuan. Dan semoga bermanfaat.

Add Comment