web tracker
Simbiosis Mutualisme

Simbiosis Mutualisme

Hallo sobat, tahukah kamu? Hukum alam yang terjadi di dunia ini tidak lepas dari kuasa Sang Illahi, terlebih pada setiap kejadian-kejadian yang ada di kehidupan ini.

Sebuah hubungan antara makhluk hidup misalnya, memang bukan sebuah hal yang baru, tetapi jika ini kita pelajari maka hikmahnya akan sangat luar biasa.

Hubungan antar makhluk hidup ini beragam adanya, ada yang menguntungkan satu pihak tetapi merugikan pihak lain, ada yang menguntungkan tapi tidak merugikan pihak lainnya, bahkan ada yang saling menguntungkan lho!

Nah, simak penjelasannya di bawah ini dengan cermat ya!

Pengertian Simbiosis Mutualisme

Simbiosis Mutualisme sering disebut sebagai sebuah jembatan, pasalnya diibaratkan sangat menguntungkan dua wilayah atau dua pulau seperti Jembatan Suramadu. Begitulah analogi yang sangat sesuai untuk menggambarkan simbiosis ini.

Pengertian Simbiosis Mutualisme
Pengertian Simbiosis Mutualisme

Dikatakan mutualisme karena jika diurai maka kata “mutual” sebenarnya bermakna “saling”, jadi secara istilah simbiosis mutualisme berarti pola interaksi antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan.

Apa ada? Banyak. Disinilah sebagai makhluk ciptaan Tuhan kita harus mengakui kebesaran-Nya.

20 Contoh Simbiosis Mutualisme

Di lingkungan kita saat ini memang banyak sekali kejadian yang masuk dalam kategori simbiosis mutualisme, dan seringkali tidak kita sadari. Simak 20 contohnya di bawah ini ya!

1. Hubungan antara Kupu-kupu dengan Bunga

Bunga dan kupu-kupu memang simbol kecantikan, pantas saja jika interaksi antar keduanya juga sangat cantik. Kupu-kupu suka sekali menghisap sari bunga, dan begitupun bunga akan sangat terbantu oleh kehadiran kupu-kupu dalam prosses penyerbukan.

Kupu-kupu dan Bunga
Kupu-kupu dan Bunga

Apa yang dilakukan oleh kuu-kupu? Saat kupu-kupu hinggap di putik bunga, maka serbuk sari akan menempel pada putik. Sangat menguntungkan bukan? Kupu-kupu telah kenyang oleh sari bunga, dan bunga bisa melaksanakan penyerbukan dengan sempurna.

Materi terkait : Metamorfosis Kupu-kupu

2. Hubungan antara Lebah dengan Bunga

Sobat, bunga juga sangat terbantu oleh kehadiran hewan lainnya lho. Jadi selain kupu-kupu, lebah ternyata juga berperan penting dalam proses penyerbukan bunga. Umumnya sama dengan kupu-kupu, lebah akan menghisap nektar yang ada pada bunga.

Hubungan Lebah dan Bunga Termasuk dalam Simbiosis Mutualisme
Hubungan Lebah dan Bunga Termasuk dalam Simbiosis Mutualisme

Tidak cukup itu, ternyata bunga yang banyak dihinggapi lebah berpotensi memiliki nektar jauh lebih banyak. Jadi tidak heran jika kita sering melihat lebah beterbangan di sekeliling taman bunga yang sedang mekar.

3. Hubungan antara Semut Rangrang dengan Tumbuhan

Sobat memiliki kebun pohon mangga di rumah? Atau pohon jambu? Pernah melihat ada sarang semut rangrang disana? Oke, perlu sobat tahu bahwa jika sebuah pohon terdapat semut rangrang berarti pohon itu akan bebas dari hama tanaman.

Semut Rangrang pada Tumbuhan
Semut Rangrang pada Tumbuhan

Mengapa demikian? Karena semut rangrang atau Oecophylla smaragdina ini sungguh bisa melindungi tanaman dari serangan hama. Semut rangrang diuntungkan karena bisa membuat sarang rumah, sementara pohon diuntungkan oleh penjagaan dari semut rangrang ini. Amazing!

4. Hubungan antara Tanaman Polong-polongan dengan Bakteri

Petani mungkin tidak pernah menyadari akan hal ini, saat ia menanam tanaman kacang polong-polongan. Sebenarnya saat petani menanam satu tanaman ini, sebenarnya ia telah membantu proses penyuburan tanah karena dalam akar kacang polong terdapat bakteri Rhizobium.

Tanaman Polong-polongan dengan Bakteri
Tanaman Polong-polongan dengan Bakteri

Bakteri ini sangat berguna karena bisa mengikat nitrogen, sekaligus menjaga pH tanah. kehadiran bakteri Rhizobium bisa menyuburkan tanaman kacang polong dan menyuburkan tanah, sedangkan bakteri itu akan mendapat makan dari dalam tanah melalui akar tanaman.

5. Hubungan antara Manusia dengan Bakteri Baik

Pernah membayangkan jika di dalam tubuh kita terdapat bakteri? Tenang sobat, tidak semua bakteri itu membahayakan. Karena buktinya terdapat bakteri yang menguntungkan tubuh kita, yakni Escherichia Coly yang hidup di dalam usus besar.

Bakteri Baik di Usus Besar Manusia
Gambar:klikdokter.com

Bakteri ini mampu membantu proses pembusukan di dalam usus besar, dan bakteri ini akan makan sisa makanan yang ada di usus besar. Sebuah interaksi yang kita semua tidak tahu bagaimana terjadinya. Sungguh dengan adanya bakteri ini manusia bisa sehat. Alhamdulillaah.

6. Hubungan antara Kumbang dengan Bunga

Kumbang dan Bunga
Kumbang dan Bunga

Kembali pada persoalan bunga yang indah, tapi kali ini ditemani oleh si kumbang yang gagah. Si kumbang akan hinggap pada bunga-bunga dan menghisap madunya. Sementara si bunga akan sangat terbantu dalam proses penyerbukan.

7. Hubungan antara Lalat dengan Bunga Raflesia

Siapa yang tidak mengenal bunga Rafflesia Arnoldi? Bunga yang akrab dijuluki bunga bangkai ini ternyata baik hati lho. Ia akan sangat senang hati saat ada lalat yang hinggap di kelopaknya dan mencari makanan.

Bunga Raflesia dan Lalat
Bunga Raflesia dan Lalat

Sama dengan bunga yang lain, kehadiran hewan tentunya sangat membantu saat proses penyerbukan.

8. Hubungan antara Burung Jalak dengan Kerbau

Kerbau terkenal dengan kekuatannya saat membajak sawah. Ini mengakibatkan banyak kutu yang singgah di tubuhnya yang tertutup oleh bulu. Untungnya datang burung jalak yang selalu setia mematuk kutu-kutu yang ada di tubuh kerbau.

Simbiosis Mutualisme - Hubungan Burung Jalak dengan Kerbau
Simbiosis Mutualisme – Hubungan Burung Jalak dengan Kerbau

Burung jalak akan kenyang memakan kutu, dan kerbau akan merasa senang saat tubuhnya tidak lagi memiliki kutu yang sangat mengganggu.

9. Hubungan antara Burung Bangau dengan Kuda Nil

Wow! Ternyata simbiosis mutualisme bisa terjadi pada siapa saja ya. Termasuk kuda nil dengan burung bangau. Biasanya setiap hewan kud nil ini memiliki kutu yang ganas dalam tubuhnya. Untuk itu burung bangau hadir dan hinggap di punggungnya untuk memakan kutu dalam tubuh kuda nil.

Kuda Nil dan Burung Bangau
Kuda Nil dan Burung Bangau

Bangau akan kenyang karena memakan kutu gratis, dan kuda nil akan senang juga karena tubuhnya terbebas dari serangan kutu yang bengis.

10. Hubungan antara Buaya dengan Burung Plower

Sobat pernah menemui penampakan seperti pada gambar? Luar biasa syahdu sekali ya. Burung plower merupakan hewan yang suka memakan sisa-sisa makanan pada mulut buaya. Lalu kenapa buaya tidak memakannya?

Buaya dan Burung Plower
Buaya dan Burung Plower

Itulah kuasa Tuhan. Buaya akan membiarkan burung plower menuju mulutnya dan membersihkan sisa-sisa makanan. Dengan begitu burung plower akan kenyang dan mulut buaya akan bersih dari kuman yang akan menjadikannya sehat.

11. Hubungan antara Burugn Oxpecker dengan Zebra

Indah sekali jika kita melihat kedamaian ada dimana-mana. Termasuk antara hewan zebra dengan oxpecker. Burung ini biasanya akan menghampiri zebra saat mencari makan, dan hinggap di punggung zebra untuk mencari kutu.

Burung Oxpecker dengan Zebra
Burung Oxpecker dengan Zebra

Sekilas nampak mirip dengan hewan yang lain. Tetapi disini memang saling menguntungkan, oxpecker akan kenyang karena memakan kutu sementara zebra akan bebas dari rasa gatal yang disebabkan oleh kutu.

12. Hubungan antara Kantung Semar dengan Kelelawar Berbulu Wol

Pernah melihat kantung semar? Ya makhluk hidup satu ini sangat terkenal ganas karena setiap mangsa yang masuk ke dalam kantungnya pasti bisa menjadi santapan terlezat. Tetapi berbeda dengan kelelawar berbulu wol.

Kantong Semar dan kelelawar berbulu Wol
Kantong Semar dan kelelawar berbulu Wol

Ia akan masuk ke dalam kantung semar untuk tidur sehingga ia sangat diuntungkan oleh bentuk kantung semar yang nyaman ditempati. Sementara kantung semar akan diuntungkan dari kotoran kelelawar yang kaya akan unsur nitrogen.

13. Hubungan antara Kepiting Laba-laba dengan Tanaman Alga

Spesies satu ini berasal dari jepang, dengan ciri khas kakinya lebih panjang. Kepiting laba-laba umumnya tinggal di dasar laut bersama dengan tumbuhan hijau, tak terkecuali alga.

Kepiting Laba-laba dan Alga
Kepiting Laba-laba dan Alga

Biasanya alga akan hidup di punggung kepiting. Mengakibatkan kepiting bisa berkamuflase sehingga tidak dikenali oleh pemangsa. Dan alga akan diuntungkan karena mendapatkan tempat tinggal.

14. Hubungan antara Semut dengan Burung Pelatuk

Semut yang biasa kita remehkan di rumah, ternyata memiliki jiwa sosial yang tinggi, terutama terhadap burung pelatuk. Burung pelatuk biasa membuat lubang di pohon-pohon untuk meletakkan telurnya. Dan semut memang biasa membuat sarang di pohon.

Semut dengan Burung Pelatuk
Semut dengan Burung Pelatuk

Disinilah Simbiosis Mutualisme terjadi. Semut akan menjaga telur-telur burung pelatuk dari dalam, dan burung pelatuk akan menjaga semut dari luar. Subhanallaah. Interaksi yang tidak pernah kita bisa bayangkan.

15. Hubungan antara Rayap dengan Bakteri Flagellata

Hubungan antara Rayap dengan Bakteri Flagellata
Hubungan antara Rayap dengan Bakteri Flagellata

Bakteri flagellata hidup di dalam usus rayap. Ia mengeluarkan enzim selulosa yang sangat berguna untuk membantu merubah makanan keras (kayu) menjadi lunak. Keuntungan yang didapatkan rayap adalah terbantu dalam proses mencerna makanan, dan bakteri flagellata diuntungkan karena dapat hidup di dalam usus.

16. Hubungan antara Petani dengan Burung Hantu

Burung hantu lazim dikenal sebagai burung yang menakutkan. Ternyata statement itu juga berlaku pada hewan lho. Contohnya tikus. Di sawah tikus akan sangat takut pada burung hantu. Bagaimana tidak, burung hantu pasti akan memangsa tikus yang berada di dekatnya.

Simbiosis Mutualisme Terjadi pada Hubungan Petani dan Burung Hantu
Simbiosis Mutualisme Terjadi pada Hubungan Petani dan Burung Hantu

Tentu hal ini akan sangat menguntungkan para petani sawah. Karena tanamanya tidak terserang hama tikus berkat burung hantu. Dan burung hantu mendapatkan makanannya. Sayangnya saat ini burung hantu mulai langka di sekitar kita.

17. Hubungan antara Jamur dengan Tanaman Alga

Hubungan antara Jamur dan Tanaman Alga
Hubungan antara Jamur dan Tanaman Alga

Interaksi antar dua tumbuhan ini memang tergolong simpel. Pasalnya, kehadiran jamur akan membuat lingkungan menjadi lembab sementara hal itu juga sangat dibutuhkan tumbuhan alga dalam proses fotosintesis. Sisa makanan dari proses fotosintesis akan dimakan jamur. Jadi keduanya saling diuntungkan.

18. Hubungan antara Anemon Laut dengan Ikan Badut

Ikan Badut dan Anemon Laut - Hubungan Simbiosis Komensalisme
Ikan Badut dan Anemon Laut – Hubungan Simbiosis Komensalisme

Interaksi keduanya mewakili sebuah persahabatan yang baik. Anemon laut akan memberikan perlindungan pada ikan badut dari serangan predator ganas, sementara ikan badut akan membersihkan kotoran dan sisa makanan yang menempel pada tubuh anemon laut.

19. Hubungan antara Wildebeest dengan Zebra

Simbiosis Mutualisme Wildebeest dengan Zebra
Simbiosis Mutualisme Wildebeest dengan Zebra

Simbol persahabatan hadir pula pada hewan wildebeest dan zebra. Dimana keduanya terbiasa mencari makan bersama, bahkan pindah bersama. Wildebeest memiliki keahlian pendengaran yang baik, dan zebra memiliki keahlian penglihatan yang tajam. Keduanya bisa saling menguntungkan saat bersama.

20. Hubungan antara Manusia dengan Tumbuhan

Manusia sebagai tokoh utama kelangsungan makhluk hidup di bumi ternyata juga berperan dalam simbiois mutualisme dengan tumbuhan. Tidak pernah kita sadari, jika kita merawat tumbuhan dengan baik maka tumbuhan akan membantu menyejukkan lingkungan sekitar.

Hubungan Manusia dan Tanaman
Hubungan Manusia dan Tanaman

Manusia menghirup oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan, sedangkan tumbuhan memerlukan karbondioksida dalam membantu proses fotosintesis. Tali putaran ini akan terus berlangsung hingga tanpa kita sadari. Inilah pentingnya mengetahui Simbiosis Mutualisme.

Contoh Soal dan Pembahasan

1. Pengertian yang tepat mengenai simbiosis mutualisme adalah?

a. Hubungan antara dua makhluk hidup yang menguntungkan satu pihak
b. Hubungan antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan
c. Hubungan antara dua makhluk hidup yang tidak menguntungkan keduanya
d. Hubungan antara dua makhluk hidup yang merugikan semua pihak

Jawaban : B, sesuai dengan namanya, mutual yang berarti saling. Jadi menguntungkan keduanya.


2. Di bawah ini yang merupakan simbiosis mutualisme adalah?

a. Bakteri echoli pada usus manusia
b. Benalu pada pohon
c. Kutu di rambut manusia
d. Lumut di dinding

Jawaban : A, sesuai dengan pembahasan di atas, bahwa ada satu bakteri yang menguntungkan manusia, yakni terdapat di ususnya yang membantu dalam proses pembusukan.


3. Jenis simbiosis pada kumbang dan bunga yaitu?

a. Komenaslisme
b. Parasitisme
c. Mutualisme
d. Sirkisme

Jawaban : C, kumbang menghisap madu pada bunga dan bunga mendapat keuntungan dalam proses penyerbukan.


4. Kerbau tinggal di lumpur dan membuat tubuhnya dihinggapi banyak kutu sehingga sangat mengganggu. Datanglah burung jalak yang hinggap di punggung kerbau untuk mematuk kutu, dan kerbau merasa sangat terbantu. Jenis simbiosis apa yang terjadi?

a. Parasitisme
b. Naturalisme
c. Komensalisme
d. Mutualisme

Jawaban : D, ada kejadian saling menguntungkan antara kerbau dengan burung jalak yakni kutu kerbau jadi hilang dan si burung jalak kenyang.


Nah, itulah pembahasa mengenai Simbiosis mutulisme ya sobat. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan keilmuan kita. Salam.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.