web tracker
Simbiosis

Simbiosis

Pengertian Mutualisme Parasitisme Amensalisme Komensalisme

Jika kamu belajar Ilmu Pengetahuan Alam, kamu pasti pernah mendengar hubungan antar makhluk hidup atau biasa disebut dengan simbiosis. Lalu apa itu simbiosis ? Kita pelajari selengkapnya pada materi ini.

Makhluk hidup yang ada di muka bumi ini tak hanya manusia seorang loh sobat, ada hewan, tumbuhan, hingga renik atau yang biasa kita sebut mikro organisme.

Dalam siklus hidupnya para makhluk hidup saling berinteraksi satu sama lain, baik sekadar memenuhi kebutuhan hidupnya atau menumpang hidup pada makhluk hidup lain, Nah interaksi inilah yang disebut simbiosis.

Yuk siapkan buku catatan kalian karna kita akan mempelajari simbiosis lebih lanjut.

1. Pengertian Simbiosis

Berdasarkan etimologi simbiosis berasal dari kata sym yang memiliki arti ‘dengan’ dan biosis yang berarti ‘kehidupan’, dimana kedua kata tersebut berasal dari bahasa Yunani.

Macam-macam Simbiosis
Ilustrasi: statmat.id

Sedangkan secara terminologi simbiosisi adalah suatu interaksi atau hubungan antara makhluk hidup satu dengan makhluk hidup lainnya yang beraneka ragam jenisnya.

Simbiosis terbagi menjadi 4 macam, yakni simbiosis mutualisme, komensalisme, parasitisme, dan amensalisme. Berikut adalah penjelasannya, simak dengan baik ya!

2. Simbiosis Mutualisme

Sesuai dengan namanya, mutu artinya mendapatkan guna atau keuntungan. Jadi simbiosis mutualisme ialah hubungan atau interaksi yang dilakukan antara makhluk hidup satu dengan makhluk hidup lain yang memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak.

Contoh Simbiosis Mutualisme

Agar sobat mudah memahami penjelasan diatas, berikut adalah contoh dari simbiosis mutualisme:

Hubungan antara lebah dengan bunga

Hubungan Lebah dan Bunga Termasuk dalam Simbiosis Mutualisme
Hubungan Lebah dan Bunga Termasuk dalam Simbiosis Mutualisme

Contoh pertama dari simbiosis mutualisme ini ialah hubungan lebah dengan bunga, dimana lebah membutuhkan madu yang ada pada bunga dan bunga membutuhkan bantuan lebah untuk proses penyerbukan. jadi kedua belah pihak saling menguntungkan.

Hubungan antara burung jalak hitam dengan kerbau

Simbiosis Mutualisme - Hubungan Burung Jalak dengan Kerbau
Simbiosis Mutualisme – Hubungan Burung Jalak dengan Kerbau

Ketika di sawah tak jarang kita melihat burung jalak bertengger di atas badan kerbau yang sedang membajak sawah kan sobat. Hal ini bukanlah tanpa alasan, karena burung jalak hitam atau lebih dikenal dengan jalak kebo ini sedang memakan kutu dan parasit yang menempel pada tubuh kerbau sehingga kerbau terbebas dari kutu dan burung jalak mendapatkan makanannya. Sungguh menguntungkan kedua belah pihak kan sobat.

Hubungan petani dengan burung hantu

Simbiosis Mutualisme Terjadi pada Hubungan Petani dan Burung Hantu
Simbiosis Mutualisme Terjadi pada Hubungan Petani dan Burung Hantu

Burung yang aktif di malam hari ini juga memiliki hubungan mutualisme dengan para pertani loh sobat, berkat burung hantu para petani bisa bernafas lega karena terhindar dari hama tikus yang merusak tanaman padi mereka dan disisi lain burung hantu juga mendapatkan makanannya.

3. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme ialah hubungan atau interaksi antara makhluk hidup satu dengan makhluk hidup lain, yang mana salah satu mendapatkan keuntungan dari interaksi ini dan pihak lainnya tak mendapat keuntungan pun juga tak dirugikan.

Contoh Simbiosis Komensalisme

Agar sobat mudah memahami penjelasan diatas, berikut adalah contoh dari simbiosis komensalisme:

Hubungan bakteri pembusuk dengan manusia

Simbiosis Komensalisme - Bakteri Pembusuk dengan Manusia
Ilustrasi: statmat.id

Contoh simbiosis komensalisme yang pertama ialah keberadaan bakteri pembusuk pada usus manusia, dimana bakteri pembusuk mendapatkan keuntungan dari sisa-sisa makanan yang telah dicerna manusia.

Sedangkan di sisi lain manusia tidak diuntungkan atau dirugikan dengan keberadaan bakteri pembusuk ini.

Hubungan ikan remora dengan ikan hiu

Ikan Remora dan Hiu
Ikan Remora dan Hiu

Selanjutnya ialah hubungan ikan remora dengan ikan hiu, yang mana ikan remora akan menempel pada tubuh ikan hiu kemanapun hiu itu pergi, hal ini dilakukan agar ikan remora terhindar dari ikan-ikan pemangsa karna hiu merupakan salah satu predator laut.

Selain itu, ikan remora juga mendapatkan makanan dari sisa-sisa makanan hiu, namun di sisi lain hiu tidak mendapat keuntungan juga tidak merasa dirugikan.

Hubungan ikan badut dengan anemon laut

Ikan Badut dan Anemon Laut - Hubungan Simbiosis Komensalisme
Ikan Badut dan Anemon Laut – Hubungan Simbiosis Komensalisme

Kemudian hubungan ikan badut dengan anemon laut, dalam hal ini ikan badut menjadikan anemon laut sebagai tempat bersembunyi dari hewan pemangsa karena anemon laut memiliki senyawa yang bisa melukai para ikan, namun hal ini tak berlaku bagi ikan badut karena mereka memiliki cairan pelindung yang melapisis seluruh tubuh mereka.

Dan disisi lain anemon tak merasa diuntungkan maupun dirugikan oleh keberadaan ikan badut ini.

4. Simbiosis Parasitisme

Sesuai dengan namanya parasit yang memiliki arti merugikan, simbiosis parasitisme ini merupakan hubungan atau interaksi yang dilakukan oleh makhluk hidup dimana salah satu pihak mendapatkan keuntungan sedangkan pihak lain dirugikan.

Contoh Simbiosis Parasitisme

Agar sobat mudah memahami penjelasan diatas, berikut adalah contoh dari simbiosis parasitisme:

Hubungan cacing pita dengan manusia

Cacing Pita di dalam Usus Manusia termasuk Simbiosis Parasitisme
Ilustrasi: statmat.id

Contoh simbiosis parasitisme yang pertama ialah hubungan manusia dengan cacing pita, yang mana cacing pita yang bersemayam di usus manusia mengambil sari makanan yang seharusnya digunakan manusia untuk melakukan metabolisme, sehingga dalam hal ini manusia dirugikan dan cacing pita mendapatkan keuntungan.

Hubungan kutu dengan manusia atau hewan

Kutu Rambut di Kepala Manusia termasuk Parasitisme
Ilustrasi: statmat.id

Selanjutnya ialah kutu yang hinggap di kepala manusia maupun tubuh hewan, hal ini dianggap merugikan karena membuat gatal obyek yang ditumpangi, namun disisi lain para kutu mendapat keuntungan karna mendapatkan makanan berupa darah.

Hubungan tikus dengan petani

Tikus Sawah termasuk Simbiosis Parasitisme karena merugikan Petani
Tikus Sawah termasuk Simbiosis Parasitisme karena merugikan Petani

Berikutnya ialah hubungan tikus dengan petani, dalam hal ini tikus dianggap hama karena merusak dan memakan padi-padi para petani yang mengakibatkan petani mengalami kerugian, sedangkan tikus untung karena mendapatkan makanan.

5. Simbiosis Amensalisme

Simbiosis yang masih asing ditelinga kita ini merupakan hubungan atau interaksi yang dilakukan oleh dua makhluk hidup, dimana salah satu pihak dirugikan dan pihak lain pun tak merasa diuntungkan atau dirugikan.

Contoh Simbiosis Amensalisme

Agar sobat mudah memahami penjelasan diatas, berikut adalah contoh dari simbiosis amensalisme:

Hubungan gulma dengan tanaman padi

Gulma termasuk dalam Simbiosis Amensalisme
Gulma termasuk dalam Simbiosis Amensalisme

Contoh hubungan amensalisme yang pertama ialah hubungan gulma dengan tanaman padi, dimana gulma memiliki senyawa aleopati yang menyerap air dan usur hara yang ada di tanah secara berlebihan sehingga tanaman padi kekurangan nutrisi dan menurunkan hasil produksi padi.

Hubungan rumput teki dengan tanaman di sekitarnya

Suket (Rumput) Teki - Simbiosis Amensalisme
Suket (Rumput) Teki – Simbiosis Amensalisme

Selanjutnya hubungan rumput teki dengan tanaman di sekitarnya, rumput teki atau orang jawa menyebutnya suket teki memiliki perkembangan yang sangat pesat, hal ini dikarenakan suket teki menyerap unsur hara yang ada di tanah sehingga tanaman di sekitarnya terhambat dalam pertumbuhan dan perkembangannya karena kekurangan nutrisi.

Hubungan tanaman lamtoro dengan kunyit

Lamtoro
Lamtoro

Kemudian hubungan tanaman lamtoro atau petai cina dengan tumbuhan kunyit, lamtoro merupakan tumbuhan yang sering dikonsumsi manusia karna kaya akan manfaat, akan tetapi tanaman ini memiliki senyawa yang merugikan bagi tanaman kunyit apabila ditanam secara berdekatan loh sobat, padahal dalam hal ini tanaman lamtoro juga tak mendapat keuntungan apapun dari tanaman kunyit.


Bagaimana nih sobat materi tentang Simbiosis beserta Jenisnya: Mutualisme hingga Komensalisme sungguh menarik dan mudah dipahami bukan, semoga materi tersebut bisa membantu dan menambah khasanah pengetahuan kita semua.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.