Siapakah Penemu Televisi

Tahukah Anda Siapa Penemu Televisi ?

Tahukah anda siapa penemu televisi ?. Hai sobat semua! Sesuai dengan judul artikel kali ini kita akan membahas mengenai penemuan yang sangat menggemparkan dunia, yakni penemuan televisi.

Siapa Penemu Televisi
Siapa Penemu Televisi

Lalu apa saja yang akan dibahas? Pada artikel ini kita akan membahas mengenai pengertian, sejarah dan perkembangan televisi loh sobat, yuk ambil buku catatan kalian dan simak penjelasan berikut ini ya!

1. Pengertian Televisi

Ada sebuah peribahasa yang menyebutkan tak kenal maka tak sayang, jadi sebelum kita berbicara lebih lanjut terkait televisi akan lebih afdol jika kita mengenalnya terlebih dahulu ya sobat.

Pengertian Televisi
Pengertian Televisi

Secara etimologi televisi atau orang Indonesia menyebutnya TV berasal dari kata tele yang berarti ‘jauh’ dan visio yang memiliki arti ‘penglihatan’, sedangkan secara terminologi televisi adalah suatu media elektronik yang digunakan sebagai alat komunikasi jarak jauh dengan media gambar dan suara.

Nah sekarang sudah tahu definisi televisis kan, yuk kita bahas sejarahnya, simak dengan baik ya!

2. Sejarah Penemuan Televisi

Joseph Henry dan Michael Farraday pada tahun 1831 menemukan cikal bakal komunikasi elektronik yakni Hukum Gelombang Elektromagnetik.

Tak berselang lama tepatnya pada tahun 1840 sebuah televisi berwarna yang memiliki resolusi 343 baris berhasil diciptakan oleh Peter Goldmark.

Sejarah Penemuan Televisi
Sejarah Penemuan Televisi

Dan pada tahun 1870 lahirlah selenium kamera yang diyakini bisa membuat manusia melihat gelombang, selenium ini ditemukan oleh George Carey.

Kemudian lahirlah konsep teleskop yang diperkenalkan oleh para ilmuwan pada tahun 1881. Dan pada 1884 ilmuwan jerman yang bernama Paul Nikow sukses mengirimkan gambar elektronik beresolusi 18 dengan menggunakan keping logam serta teleskop elektronik.

Di tahun berikutnya, tepatnya tahun 1888 cairan kristal yang saat ini digunakan sebagai bahan baku LCD ditemukan oleh ahli botani asal Austria, Freidrich Reinitzeer.

Istilah televisi dikemukakan pertama kali pada tahun 1900 oleh Constatin Perskyl di pameran teknologi dunia di Paris.

Pada tahun 1923 televisi tabung pertama ditemukan dan dipatenkan oleh Vladimir Kosma Zworykin. Kemudian pada 1925 John Logie Baird memperkenalkan televisi pada khalayak ramai, sehingga ia dikenal penemu televisi dan bukannya Vladimir Kosma Zworykin.

Kemudian pada tahun 1927 seorang ilmuan asal Amerika Serikat yakni Philo T. Farnsworth mengembangkan televisi modern untuk pertama kalinya, dengan gagasannya terkait image dissector tube yang menjadi cikal bakal kerja televisi.

Dan untuk pertama kalinya pemancar televisi beroperasi pada 11 Mei 1939 di Kota Berlin.

3. Penemu Televisi

Nah sobat, siapa sih penemu televisi? Penemu televisi ialah seorang insinyur listrik berkebangsaan Skotlandia yakni, John Logie Baird.

Penemu Televisi yaitu John Logie Baird
Penemu Televisi yaitu John Logie Baird

John Baird lahir di Helensburgh pada tanggal 13 Agustus 1888. Yuk telisisk lebih jauh siapa sosok John Baird, berikut adalah penjelasannya.

4. Biografi Penemu Televisi

John Logie Baird merupakan anak bungsu dari empat bersaudara buah cinta dari pasangan Pendeta John Baird seorang menteri Gereja Skotlandia dan Jessie Morrison Inglis yang merupakan keponakan keluarga kaya di Glasgow.

John Baird pernah menempuh pendidikan di Larchfield Academy di Helensburgh, kemudian melanjutkan ke Sekolah Tinggi Teknik Glasglow di Skotlandia Barat dan menempuh study lanjutan di Universitas Glasglow.

Biografi Penemu Televisi - John Logie Baird
Biografi Penemu Televisi – John Logie Baird

Saat menjadi seorang mahasiswa john baird mengikuti berbagai macam program magang, akan tetapi sebelum ia meraih gelarnya terjadilah Perang Dunia I.

Pada tahun 1915 John Baird gagal berpartisipasi dalam Perang Dunia I karena kondisi kesehatan yang tak memungkinkan, karena kegagalannya tersebut ia memutuskan untuk bekerja di perusahaan listrik Clyde Valley bagian amunisi.

5. Perkembangan Televisi

Saat ini perkembangan televisi sangatlah pesat, ditambah dengan tekhnologi yang semakin canggih membuat fitur-fitur yang ada pada televisi saat ini sangat jauh berbeda apabila dibandingkan dengan televisi generasi pertama.

Yuk cermati perkembangan televisi dari generasi pertama hingga masa kini.

a. Televisi era 1940an

Televisi era 1940-an
Televisi era 1940-an

Di era ini televisi lebih diminati dibandingkan radio, hal ini dikarenakan televisi menyajikan audio beserta dengan gambarnya sedangkan radio hanya menyuguhkan hiburan lewat audio saja.

b. Televisi era 1950an

Televisi era 1950-an
Televisi era 1950-an

Pada era 50an kebanyakan orang masih menggunakan televisi hitam putih, padahal di era ini televisi berwarna sudah ada.

c. Televisi era 1960an

Televisi era 1960-an
Televisi era 1960-an

Di era 60an ini sudah banyak sekali tanyangan tv berwarna, sehingga masyarakat berbondong-bondong meninggalkan televisi hitam putih dan berpindah ke televisi berwarna.

d. Televisi era 1970an

VCR atau Video Cassette Recorder
VCR atau Video Cassette Recorder

Di era 70an munculah teknologi baru bernama Video Cassette Recorder atau VCR yang berguna untuk merekam siaran televisi.

e.Televisi era 1980an

Televisi era 1980-an
Televisi era 1980-an

Di era 80an ini masyarakat lebih suka menggunakan TV kabel karena dinilai lebih praktis

f. Televisi era 1990an

Televisi era 1990-an
Televisi era 1990-an

Di era ini lahirlah teknologi Cathode-Ray Tubes atau CRT yang memproyeksikan layar televisi ke suatu bidang atau layar, akan tetapi harga yang dibandrol untuk TV model begini juga tak main-main.

Kemudian di tahun 1999 diluncurkanlah Digital Video Recorder (DVD) yang memungkinkan kita untuk merekam siaran televisi ke dalam hard drive sehingga dapat kita lihat kembali nantinya.

g. Televisi era 2000an

Televisi era 2000-an
Televisi era 2000-an

Di era ini perkembangan televisi sangat pesat, bahkan pada tahun 2006 TV LED dengan basis teknologi DLP HDTV sudah diproduksi.

Di tahun 2007 Perusahaan Apple Inc membuat Apple TV yang menawarkan berbagai fitur tambahan seperti iTunes dan sambungan video Youtube.

Smart TV
Smart TV

Tak mau kalah dari kompetitornya, Microsoft yang dipunggawai oleh Bill Gates ini meluncurkan program Windows XP Media Center Edition yang mana berguna untuk mengirimkan data dari komputer ke televisi.

Dan saat ini yang paling up to date ialah TV Curve dengan menggunakan teknologi 3D, dimana gambar yang dihasilkan sangat jernih dan memberikan sensasi seolah-olah kejadian tersebut benar-benar terjadi di hadapan para penonton.


Nah sudah tejawab kan siapa penemu televisi berikut sejarah dan perkembangannya, semoga bisa menambah khasanah pengetahuan kita semua dan semoga bermanfaat ya. Terus belajar dan jangan lelah untuk mempelajari ilmu-ilmu baru, sampai jumpa di artikel selanjutnya sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.