web tracker
Sel Tumbuhan

[MATERI LENGKAP] Sel Tumbuhan

Hai sobat, perjumpaan kita kali ini akan membahas tentang salah satu ciptaan tuhan yaitu, tumbuh-tumbuhan.

Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang bisa menghasilkan makanannya sendiri dengan bantuan fotosintesis, hebat sekali bukan.

Tumbuhan sendiri terdiri atas kumpulan sel-sel tumbuhan dan pasti masih asing ditelinga kalian kan sobat, mari kita mengenal lebih dekat tentang sel tumbuhan mulai dari pengertian, jenis, karakteristik, bagian sel, hingga perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan, simak dengan baik ya!

1. Pengertian Sel Tumbuhan

Sobat seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang jadi sebelum kita membahas lebih jauh terkait sel tumbuhan ini alangkah baiknya kita berkenalan dahulu, apa sih yang dimaksud dengan sel tumbuhan?

Ilustasi Sel Tumbuhan
Ilustasi Sel Tumbuhan

Jadi sel tumbuhan adalah golongan sel eukariotik yang memiliki materi genetik (DNA) yang dibalut oleh membran dan memiliki ciri khas dibandingkan dengan sel lainnya.

2. Jenis-Jenis Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan terbagi menjadi beberapa jenis, yakni:

2.1 Sel Parenkim

Yang pertama ialah sel parenkim nih sobat sel yang mempunyai dinding primer tipis dan sitoplasma yang sangat fungsional.

Sel ini memiliki tugas untuk menopang tegaknya suatu tumbuhan, bertindak sebagai penyimpanan, pendukung reaksi fotosintesis, tempat berikatnya floem. Contoh dari sel parenkim ialah duri yang berperan untuk menghalau pamangsa.

2.2 Sel Kolenkim

Sel kolenkim berhubungan erat dengan parenkim, karena sel ini merupakan sel parenkim yang memuat banyak sekali kloropas serta terspesialisasi sebagai penopang organ-organ muda, akan tetapi mempunyai dinding primer lebih tebal dibandingkan dengan sel parenkim.

Parenkim vs Kolenkim vs Sklerenkim
Parenkim vs Kolenkim vs Sklerenkim

Sel ini terdiri atas berkas atau silinder yang berada dekat dengan permukaan korteks, biasanya dapat dijumpai pada batang dan tangkai daun serta sepanjang tulang daun, akan tetapi sangat langka sel ini dijumpai pada akar tumbuhan.

2.3 Sel Sklerenkim

Sel sklerenkim merupakan jaringan sederhana yang dikelompokkan menjadi serabut, dan sklereida yang mana bertekstur keras dan kokoh, serta bertugas untuk memberikan kekuatan pada tumbuhan loh sobat.

Sel ini dapat dijumpai pada tubuh tumbuhan primer ataupun sekunder, dimana sel ini memiliki ciri fisik berdinding tebal, bersifat sekunder, dan sering berlignin.

2.4 Sel Xilem

Sel xilem bertugas untukmendistribusikan air dan zat hara yang diserap dari tanah melalui akar dan akan disalurkan ke seluruh tubuh guna untuk mempercepat reaksi fotosintesis.

Xilem vs Floem
Xilem vs Floem

2.5 Sel Floem

Floem adalah sel yang menyusun jaringan khusus yang bertugas dalam pendistribusian di dalam tubuh tumbuhan dan lumut tidak memilikinya.

Sel floem sendiri dikelompokkan menjadi 2 jenis, yakni tabung saringan dan sel pendamping. Pada tabung saringan tidak terdapat inti sel dan ribosom serta metabolismenya diatur oleh sel pendamping.

Sedangkan, sel pendamping terhubung ke tabung saringan melalui plasmodesmata

2.6 Sel Epidermis

Sel epidermis adalah sel parenkim khusus yang dapat dijumpai di seluruh permukaan daun, batang, dan akar.

3. Ciri atau Karakteristik Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan juga memiliki ciri atau karakteristik yang membedakannya dengan sel hewan loh sobat, berikut adalah penjelasannya.

  • Sebuah dinding sel yang tersusun atas selulosa, hemiselulosa, pektin, dan beberapa, beberapa mengandung lignin yang dihasilkan oleh protoplas di luar membran sel.
  • Sebuah vakuola berukuran besar yang isinya dipenuhi oleh air dan dilapisi oleh membran yang disebut tonoplas.
  • Jalur komunikasi khusus antar sel yang dikenal dengan plasmodesmata berupa pori-pori di dinding sel yang menjembatani plasmalema di sel satu ke retikulum endoplasma di sel lain.
  • Sel kelamin jantan pada lumut dan pteridophyta, sikas, dan ginkgo memiliki flagela yang serupa dengan sel hewan.
  • Plastida yang tersusun atas kromoplas, kloroplas, dan leukoplas. Pembelahan sel ini dilaklukan dengan pembuatan pharagmoplas.

4. Struktur Bagian, Gambar dan Fungsi Sel Tumbuhan

4.1 Nukleus (Inti Sel)

Nukleus (Inti Sel) adalah organ sel yang memiliki ciri khas nan berpengaruh karena menjadi tempat utama sel menyimpan kromosomnya dan bertugas mengatur laju metabolisme.

Disini kami akan memberikan contoh pembelahan, pertumbuhan, dan lainnya.

4.5 Plastida (Kloropas)

Plastida (kloropas) bertugas untuk membawa pigmen dan memiliki bentuk sangat menonjol.

Plastida (Kloropas) pada Sel Tumbuhan
Plastida (Kloropas) pada Sel Tumbuhan

Plastida (kloropas) ada yang mengandung klorofil hijau sehingga tumbuhan bisa menjalani fotosintesis dengan baik dan dengan adanya air, sinar matahari, dan karbondioksida tentunya sehingga bisa membuat makanannya sendiri.

4.5 Ribosom

Ribosom adalah sel berwujud mini karna berwujud butiran nukleoprotein, sel ini terdiri atas merupakan sel yang berukuran kecil karna berupa butiran nukleoprotein, sel ini tersusun atas RNA ribosom dan RNAr serta protein di dalamnya.

Ribosom Sel Tumbuhan
Ribosom Sel Tumbuhan

Ribosom dalam sitoplasma sendiri dibedakan menjadi dua yakni ribosom terikat dan ribosom bebas. Fungsi utama ribosom ialah membuat dan mereaksikan zat protein yang ada pada sel.

4.6 Mitokondria

Mitokondria adalah salah satu organel besar yang berwujud layaknya kapsul yang terdapat dalm sitoplasma sel tumbuhan dan berfungsi untuk mengurai karbohidrat serta gula, tempat terjadinya reaksi respirasi aerop, dan pembuatan ATP sebagai sumber energi.

Sel ini berisi enzim yang berguna sebagai cadangan energi berbentuk bulat batang yang ada di dalam sitoplasma sel tumbuhan dan bermanfaat dalam memecah karbohidrat kompleks serta gula.

4.7 Badan Golgi (Aparatus Golgi)

Badan golgi tersusun atas kumpulan vesikel berbentuk pipih dan berliku-liku ataupun berwujud seperti kantong yang pipih dan terdapat dalam sel tumbuhan yang diberi nama diktiosom.

Sel ini banyak dijumpai di dekat membran sel dan berfungsi untuk mendistribusikan zat kimia setelah retikulum endoplasma mereaksikan protein dan lemak.

4.8 Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma adalah organel yang menjembatani nukleus dengan sitoplasma dalam jaringan interkoneksi.

Retikulum Endoplasma pada Tumbuhan
Retikulum Endoplasma pada Tumbuhan

RE dikelompokkan menjadi dua yakni RE halus dan RE kasar yang berwujud seperti kantong yang berkelok-kelok dan berfungsi untuk membawa sintesis lemak dan steroid, selain itu juga berguna sebagai tempat menyimpan glikolipid, fospolipid, serta pembuangan racun.

4.9 Vakuola

Vakuola berwujud membran yang berfungsi sebagai lokasi penyimpanan dan membantu dalam mengurus tekanan tugor dalam sel tumbuhan.

Vakuola Sel Tumbuhan
Vakuola Sel Tumbuhan

Dalam sel tumbuhan memiliki lebih dari satu vakuola, akan tetapi sel ini memakan banyak tempat namun sel ini juga bertugas untuk membuang sisa-sisa limbah.

4.10 Peroksisom

Peroksisom adalah salah satu bagian sitoplasma yang berasal dari sel tumbuhan yang beisi enzim oksidatif tertentu, dimana enzim ini berperan dalam penguraian metabolisme asam lemak sehingga menghasilkan gula sederhana.

5. Tabel Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan

Sel TumbuhanSel Hewan
βœ”οΈ Memiliki dinding sel dan tersusun atas selulosa dan pektin sehingga sel kakuβœ”οΈ Tidak memiliki dinding sel dan bersifat elastis
βœ”οΈ Memiliki kloroplas untuk fotosintesisβœ”οΈ Memiliki sentrosom
βœ”οΈ Tidak memiliki sentriolβœ”οΈ Memiliki sentriol untuk mengumpulkan kromosom saat pembelahan sel
βœ”οΈ Vakuola sedikit dan berukuran besarβœ”οΈ Vakuola banyak dan berukuran kecil
βœ”οΈ Cadangan makanan berupa pati (amilum)βœ”οΈ Cadangan makanan berupa lemak (glikogen)

6. Contoh Soal dan Jawaban

1. Sel yang memiliki tugas untuk mengangkut hasil protein untuk diekskresikan ialah…
a. Sel parenkim
b. Ribosom
c. Retikulum endoplasma
d. Peroksisom
e. Plastida

Jawab: C. Retikulum endoplasma


2. Fungsi mitokondria ditunjukkan oleh
a. Mengubah karbohidrat menjadi gula
b. Menyokong tumbuhan
c. Menyerap mineral
d. Mengkonversi glukosa menjadi ATP
e. Menyerap makanan

Jawab: D. Mengkonversi glukosa menjadi ATP


3. Sel berikut ini yang memiliki kemampuan untuk menyerap sel yang tidak berfungsi ialah…
a. Lisosom
b. Mitokondria
c. Badan golgi
d. Nukleus
e. Retikulum endoplasma

Jawab: A. Lisosom


Nah itulah pembahasan terkait serba-serbi sel hidup tumbuhan, ternyata tidak serumit yang kita bayangkan ya sobat. Dan semoga bisa menambah khasanah pengetahuan kita semua, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.