Perhatian!Rumus error? gunakan google chrome atau firefox

Pengertian populasi menurut para ahli dalam statistika

Pengertian populasi menurut para ahli dalam statistika adalah sekumpulan objek yang mempunyai karakteristik yang sama yang menjadi objek inferensia.

Perlu diketahui bahwa pengertian populasi terbagi menjadi dua yaitu pengertian populasi dalam statistika dan pengertian populasi dalam ilmu Biologi. Sebenarnya pengertiannya sama hanya saja sedikit dibedakan dalam menjelaskan subyeknya, maun intinya tetap sama yaitu populasi sebagai kumpulan individu atau elemen.

Dalam statistika populasi juga dipandang sebagai sekelompok elemen-elemen atau individu di dalam suatu area tertentu baik bersifat nyata maupun imajiner.

Pengertian populasi menurut para ahli dibawah ini dapat anda jadikan sebagai referensi dalam penelitian anda sebagai landasan teori, namun saya tetap sarankan untuk menyempatkan membaca buku, tidak hanya berupa referensi online.

Baca : Apa yang dimaksud dengan inferensia statistik?

Melakukan pengamatan atau Penelitian terhadap seluruh elemen populasi atau anggota populasi disebut dengan sensus.

Jenis-jenis populasi

Populasi dibedakan menjadi dua berdasarkan ukuran populasinya, yaitu populasi dengan ukuran terbatas  bisa di hitung elemennya (finite) dan populasi yang tidak dapat dihitung keseluruhan elemennya (infinite).

Populasi terbatas (finite)

Populasi terbatas (finite) adalah kumpulan objek atau individu yang menjadi objek penelitian yang menempati suatu area tertentu yang memiliki batas jelas yang membedakan kelompok populasi tersebut dengan populasi lain.

Sebagai contoh, populasi bebek dalam satu kandang, jumlah siswa kelas 12A, populasi perempuan dalam suatu lingkungan, dan lain-lain.

Pengertian populasi menurut para ahli dalam statistika- statmat.id

Populasi tak terbatas (infinite)

Populasi tak terbatas (infinite) adalah kumpulan objek atau individu yang menjadi objek penelitian yang tidak diketahui batas wilayahnya atau tidak dapat dilakukan pengukuran mengenai jumlah keseluruhan individu yang terdapat di wilayah yang ditempati. Sebagai contoh, populasi bintang di angkasa, jumlah sel darah merah dalam tubuh seseorang, dan lain-lain.

Populasi yang besar akan menyulitkan peneliti untuk dilakukan peneliti jika harus meneliti seluruh elemen populasi, untuk itulah dilakukan penelitian terhadap sebagian elemen untuk dapat di jadikan contoh yang akan mewakili populasi. Pengambilan contoh atau sampel disebut dengan sampling.

Pengambilan sampel harus dilakukan dengan menggunakan kaidah yang valid, dan sesuai aturan, paling tidak memenuhi kaidah peluang. Terdapat serangkaian aturan dan metode ppengambilan sampel yang perlu dipahami agar karakter sampel yang diambi tidak bias terhadap karakter populasi. Metode tersebut dikenal dengan metode atau teknik sampling.

Baca : Pengertian dan kaidah penggunaan metode sampling

Biasanya dalam statistika populasi diberi lambang huruf kapital misalkan N. Untuk populasi yang terbatas atau relatif kecil penelitian atau observasi dapat dilakukan dengan meneliti keseluruhan individu atau objek dari populasi yang juga biasa disebut sebagai sensus.

Salah satu contoh penelitian yang dilakukan terhadap seluruh individu dalam kelompok atau seluruh elemen populasi adalah sensus penduduk yang dilakukan oleh BPS. Dalam kegiatan tersebut seluruh penduduk di Indonesia yang termasuk dalam wilayah Indonesia, memenuhi syarat sebagai penduduk Indonesia dan penduduk Indonesia yang berada di luar negeri yang masih terdaftar sebagai penduduk Indonesia akan dicatat.

Pengertian populasi dalam statistika menurut para ahli

Berikut beberapa pengertian populasi menurut para ahli yang dapat anda jadikan referensi penelitian.

Pengertian Populasi diartikan sebagai wilayah generalisasi yang terdiri atas : objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya (Sugiyono, 2006: 117).

Populasi merupakan seluruh data yang menjadi pusat perhatian seorang peneliti dalam ruang lingkup & waktu yang telah ditentukan. Populasi berkaitan dengan data-data. Jika setiap manusia memberikan suatu data, maka ukuran atau banyaknya populasi akan sama dengan banyaknya manusia (Margono, 2004).

Definisi Populasi merupakan keseluruhan (universum) dari objek peneltian yang dapat berupa manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, udara, gejala, nilai, peristiwa, sikap hidup, dan sebagainya, sehingga objek-objek ini dapat menjadi sumber data penelitian (Burhan, 2000:40).

Populasi diartikan sebagai keseluruhan dari subjek atau objek penelitian. Jika seorang peneliti ingin meneliti semua elemen yang ada didalam wilayah penelitiannya, maka penelitiannya itu merupakan penelitian populasi (Arikunto, 2002.

Populasi adalah keseluruhan objek penelitian terdiri dari manusia, benda –benda, hewan, tumbuh–tumbuhan, gejala–gejala, atau peristiwa–peristiwa sebagai sumber data yang memiliki karakteristik tertentu dalam suatu penelitian (Nawawi, 1998:141).

Populasi adalah suatu kelompok atau kumpulan subjek atau objek yang akan di generalisasikan dari hasil penelitian (Widianto, 2005: 5).

Mengemukakan bahwa populasi ialah sekumpulan individu-individu dengan kualitas dan karakter yang sudah ditetapkan oleh peneliti.Ciri atau kualitas itu yang dinamakan sebagai variabel. Ia membagi populasi menjadi dua yakni populasi finit dan infinit (Nasir, 2005).

Daftar Pustaka:

Sugiyono, Prof, Dr, 2006. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Bungin, Burhan. 2004. Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Prenada Media. Jakarta.

Widiyanto, Joko. 2012. SPSS For Windows. Surakarta: Badan Penerbit-FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nawawi, Hadari.1998. Metode Penelitian bidang Sosial. Gajahmada University Pess. Yogyakarta

Arikunto, Surhasini. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Rineka Cipta: Jakarta

Demikian artikel mengenai Pengertian populasi menurut para ahli , semoga bermanfaat, jika bermanfaat sekiranya berkenaan memberi rating artikel ini.

Terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.