Perhatian!Rumus error? gunakan google chrome atau firefox

Pengertian Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

Metamorfosis- Apakah anda penah mendengar lagu yang dinyanyikan sindentosca yang berjudul kepompong? nah artikel ini juga akan membahas tentang ulat, kepompong dan kupu-kupu. Tapi kita membahasnya secara biologi yaitu metamorfosis.

Pengertian Metamorfosis

Metamorfosis berasal dari bahasa Yunani yang artinya “Berubah bentuk atau bertransformasi”. Dalam ilmu biologi pengertian MetamorFosis merupakan suatu proses perubahan dalam bentuk tubuh dan struktur yang terjadi pada hewan , dimana hewan secara fisik berkembang dengan biologis setelah dilahirkan atau menetas.

Metamorfosis hanya terjadi pada hewan tertentu saja, yaitu pada jenis Insekta dan katak.

Jenis-jenis metamorfosis

Metamorfosis ada beberapa macam yaitu sebagai berikut :

a. Metamorfosis sempurna

Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis dimana terjadi fase larva yang berbeda dengan fase dewasa dan memiliki empat tahap yaitu :

  • Telur, pada fase ini hasil dari fertilisasi antara sel telur dan sel sperma yaitu embrio akan mengalami pembelahan sel sampai terbentuk organ-organ utama.
  • Larva, pada fase ini beberapa jenis hewan eksoskeleton akan mengalami pergantian kulit. Dengan seiringnya waktu tubuh hewan akan semakin tumbuh membesar sehingga terjadi pergantian kulit.
  • Pupa, pada fase ini terjadi transisi secara total dimna akan terbentuk yang baru . pada tahap ini hewan akan mengurangi kebiasaan makannya. Akan tetapi pupa akan melakukan pertumbuhan hingga pada saatnya matang akan memasuki fase dewasa.
  • Dewasa, pada fase ini akan terbentuk hewan dengan bentuk baru yang berbeda pada saat hewan tersebut mudah. Dan hewan akan bereproduksi untuk membentuk telur baru yang nantinya akan mengalami tahap telur, larva, pupa dan menjadi imigo.

Contoh Hewan Metamorfosis sempurna yaitu sebagai berikut :

  • Metamorfosis Sempurna pada Kupu-kupu

metamorfosis sempurna pada kupu-kupu

Metamorfosis pada kupu-kupu merupakan suatu proses pertumbuhan pada hewan yang melibatkan perubahan struktur fisik sejak menetas hingga tumbuh dewasa.

Perubahan dari waktu ke waktu terlihat benar-benar sangat berbeda. Perbedaan tersebut terjadi karena adanya perubahan dan diferensiasi sel secara radikal.

Bahkan antara satu tahapan pertumbuhan organisme tersebut hampir terlihat seperti 2 organisme yang tidak saling punya hubungan.

Tidak semua hewan mengalami metamorfosis, hanya hewan tertentu, seperti katak, tunicata, crustacea, mollusca, echinodermata, dan beberapa serangkaian.

Salah satu serangga yang mengalami metamorfosis adalah kupu-kupu. Anda tentu sudah tahu hewan cantik ini, saking cantiknya orang biasanya ingin menangkap kupu-kupu untuk dijadikan peliharaan.

Sebenarnya anda tidak perlu menangkap kupu-kupu apabila ingin memeliharanya, cukup tanam banyak bunga, hewan-hewan cantik ini dengan sendirinya akan berkunjung ke kebun bunga Anda untuk mencari makanan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas terkait metamorfosis kupu-kupu dari tahap satu ke tahap berikutnya hingga bisa menjadi hewan yang memiliki bentuk indah.

  • Metamorfosis sempurna pada katak

Metamorfosis sempurna pada katak

Metamorfosis katak adalah Poses perkembangan biologi katak yang berubah dari waktu ke waktu seiring perkembangannya. Pertumbuhan dan perkembangannya adalah penbentukan organ-organ tubuh katak.

Katak dapat hidup di darat maupun di air. Katak akan meletakkan telurnya kedalam air, dan hampir 80% proses pertumbuhan katak dari telur hingga katak dewasa di dalam air. Hewan ini disebut dengan hewan amfibi karena dapat hidup di dua alam.

Pada musim hujan katak dapat berkembang lebih cepat dari biasanya. Jika ada kolam maka katak akan tinggal di sana dan akan mengeluarkan bunyi kodok yang bersahut-sahutan.

Menurut sebuah penelitian, ditemukan sekitar 4700 jenis atau spesies katak di muka bumi ini. Membedakan katak satu dengan yang lainnya adalah tempat katak hidup, warna kulit, bentuk tubuh,dan ada atau tidaknya racun pada selaput kulitnya. Beberapa jenis racun dari katak bisa membunuh manusia bahkan hewan besar seperti gajah.

 

  • Metamorfosis Sempurna Pada Nyamuk

Metamorfosis nyamuk adalah salah satu contoh metamorfosis sempurna yang terjadi pada hewan kelas insekta. Dikatakan sempurna, karena dalam proses metamorfosis yang dilaluinya, nyamuk mengalami 4 tahapan perubahan dari mulai telur, larva, pupa, hingga menjadi nyamuk dewasa. Pada artikel kali ini kami akan membahas bagaimana proses metamorfosis nyamuk tersebut beserta penjelasan tiap tahapan, fase, atau stadium pertumbuhannya secara lengkap dengan gambar ilustrasinya.

  1. Metamorfosis tidak sempurnah , telur menetas menjadi Sempurna bentuk larva yang disebut nimfa. Dan memiliki tiga tahap yaitu :
  • Telur, pada fase ini induk akan menyiman telur pada tempat yang aman dengan tujuan mempertahankan embrio dari berbagai serangan hewan lainnya. Maka telur dilapisi cangkang dengan lapisan zat kitin yang mempunyai fungsi pelindung embrio sampai akhirnya telur menetas menjadi nimfa.
  • Nimfa, pada fase ini mulai erbentuk organ padaa hewan dewasa,
  • Dewasa,pada fase ini berbgai perubahan telah terjadi pada hewan hingga semua hewan telah matang daan siap bereproduksi.

b. Metamorfosis Tidak Sempurna

Contoh Hewan Metamorfosis tidak sempurnah yaitu sebagai berikut :

  • Metamorfosis Tidak Sempurna Kecoa

Metamorfosis Pada Kecoak

    Metamorfosis Kecoa merupakan salah satu hewan yang melakukan prosesmetamorfosis tidak sempurna dalam hidupnya. Metamorfosis kecoa tergolong metamorfosis tidak sempurna karena dalam proses metamorfosisnya tidak melalui fase pupa atau kepompong. Proses metamorfosis kecoa hanya melalui tiga fase saja dengan urutan pertama fase telur, fase nimfa, dan fase ke tiga fase kecoa dewasa.

  • Metamorfosis Jangkrik

Menurut wikipedia, jangkrik adalah serangga yang berkerabat dekat belalang atau masih dalam satu keluarga, memiliki tubuh yang rata dan juga antena yang panjang. Seperti pelajaran yang kamu baca ketika SD atau SMP jangkrik termasuk hewan omnivora alias pemakan semua.

Jangkrik terkenal akan suaranya dimalam atau sore hari dengan suara cengkrik jantan. Hhal ini dilakukan untuk menarik jangkrik betina dan menolak jatan lain untuk datang atau mengganggu. Suara cengkrik yang dihasilkan oleh jangkrik jantan ini akan semakin keras dengan naiknya suhu disekitar lingkungan tempatnya.

Di dunia ini, jangkrik sudah diketahui jenisnya hingga 900 spesies jangkrik termasuk yang kita kenal adalah gangsir. Mungkin kamu pernah memelihara jangkrik sebagai hewan kesayangan ? Ternyata, jangkrik sendiri banyak lho dipelihara karena memilki manfaat pada perekonomian manusia. Ya tentu saja, jangkrik dibudidaya karena digunakan untuk pakan burung.

Kandungan nutrisi pada jangkrik sangat bermanfaat untuk burung peliharaan. Khususnya burung burung yang memiliki warna dan suara yang indah. Oh iya, suara jangkrik di dunia komedi biasanya digunakan sebagai tanda bahwa lawakan tidak lucu dan tidak membuat orang tertawa.

Contoh Hewan Metamorfosis Tidak Sempurnah yaitu sebagai berikut :

  • Metamorfosis Tidak sempurna Pada Kecoa

  • Metamorfosis tidak sempurna Pada Belalang

Baca Juga :

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.