Perhatian!Rumus error? gunakan google chrome atau firefox

4 Hal Penting Dalam mengoptimasi Judul Artikel SEO

Mengoptimasi judul artikel merupakan salah satu undikator yang sangat penting jika anda ingin membuat suatu artikel SEO. Artikel seo adalah artikel yang dibuat mengacu pada mesin pencari dan kenyamanan pembaca.

Artinya mesin pencari memandang bagus tidaknya sebuah artikel itu sedikit berbeda dengan kita, terkadang artikel yang berbobot bagi pembaca tidak demikian dengan mesin pencari. Kondisi sebaliknya juga bisa terjadi.

Artikel paling bagus itu adalah artikel yang ditulis oleh orang berkompeten, menghsilkan artikel berkualitas yang disusun berdasarkan indikator SEO.

Mengapa judul artikel penting? karena hal kedua yang dirayapi perayap dari mesin pencari adalah judul setelah merayapi link artikel sebelum masuk merayapi suatu artikel.

Indikator dalam Dalam mengoptimasi Judul Artikel

Indikator dalam Mengoptimasi judul artikel 8

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat judul artikel diataranya :

  • Mengoptimasi Judul Artikel dengan Kata Kunci

Hal pertama yang di periksa oleh perayap (crawler) mesin pencari adalah kata kunci. Kata kunci ini akan di cari pada slug atau link artikel, judul, paragraf, deskripsi artikel, heading (sub judul) dan pada gambar yang ada di dalam artikel.

Mengoptimasi judul artikel
slug dan kata kunci

Maksudnya, jika kata kunci ada di 5 bagian artikel ini maka benar penulis dan artikelnya membahas kata kunci tersebut. Kurang lebih seperti itu gambaran algoritma mesin pencari.

Itu sebabnya judul perlu disisipkan kata kunci, dan kata kunci tidak boleh terputus.

Misal:

“mengoptimasi judul artikel” tidak boleh ada kata kata lain atau di putar kata-katanya.

Penempatan kata kunci pada judul sebaiknya ada pada awal judul, namun jika tidak memungkinkan tidak menjadi masalah. Biasanya jika dipaksakan maka kalimat judul akan terdengar aneh.

  • Mengoptimasi Judul Artikel dengan Mengatur Panjang Karakter

Panjang karakter judul paling bagus berada pada rentang 50 sampai 60 karakter termasuk spasi dan tanda baca. Anda juga perlu berhati-hati jika mencantumkan nama situs di belakang setiap judul artikel secara otomatis seperti berikut:

Mengoptimasi judul artikel 2

Karena nama blog/situs juga akan dihitung sebagai karakter tambahan di dalam judul.

Mengapa tidak boleh panjang?

Apabila terlalu panjang maka tampilan di halaman depan mesin pencari akan terpotong

Mengoptimasi judul artikel 3

Sebenarnya ada banyak situs yang menggunakan judul artikel yang panjang, namun mereka sudah bisa melakukan pemolesan terhadap judul artikel mereka untuk mesin pencari. Biasanya ada 3 judul berbeda dalam satu artikel, yaitu judul mesin pencari, judul sosial media dan judul asli artikelnya.

Misalkan ini:

mengOptimasi judul Artikel Seo

Situs panduanim adalah salah satu tempat saya belajar seo. Jika kita buka artikel diatas, maka kita masuk pada artikel aslinya seperti dibawah ini.

Coba perhatikan judul di tampilan mesin pencari dan judul asli dalam artikelnya, berbeda kan?

Mengoptimasi judul artikel 4

Apa tujuannya?

Tujuannya adalah, judul asli diblognya dibuat agar nyaman dan mudah dibaca oleh pembaca, sedangkan judul di mesin pencari sengaja di optimasi untuk kepentingan SEO. Yaitu ketika di rayapi oleh perayap, akan dibaca bahwa judulnya sudah sesuai kriteria.

Note :

Judul yang dibaca oleh perayap adalah judul yang sudah di optimasi, jika menggunakan flatform wordpress, biasanya dioptimasi di plugin seo nya, misal All in One Seo, Yoast Seo, Rank Math, dll.

Jika menggunakan blogspot, maka cukup 1 judul untuk semua. Sehingga di optimasi pada saat membuat judul artikel utama.

  • Mengoptimasi Judul Artikel dengan Menambah kata Penguat

Kata penguat (power word) sebenarnya tidak terlalu penting, umumnya kata penguat digunakan untuk yang bersipat clickbait. Biasanya artikel dengan judul lebay.

Contoh kata penguat adalah :

“Mengejutkan”, “Berhasil”, “Work”, dll

Work! Cara menjinakkan Kucing liar dalam 5 menit”

Work! = power word

Cara Menjinakkan Kucing Liar = Kata Kuci

5 = Angka

Jika anda ingin membaca artikel tentang power word lebih banyak silahkan baca disini : Power word

  • Mengoptimasi Judul Artikel dengan Menambahkan angka

Angka pada judul artikel mirip funsinya dengan kata penguat, berpengaruh tetapi tidak terlalu signifikan.

Misalkan saya memasukkan kata kunci “tempat wisata di Bali”, maka yang muncul adalah seperti berikutMengoptimasi judul artikel dengan angka

Artikel pertama tidak memiliki angka, bisa jadi artikelnya memiliki backlink atau mungkin tehnik penulisan isi artikelnya lebih baik. Intinya angka pada judul berpengaruh namun tidak signifikan, ada beberapa artikel yang tidak cocok jika judulnya di beri angka.

Namun berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh conduktor, diperoleh data bahwa judul artikel dengan angka memiliki 36% lebih banyak mendapat klik dibandingkan yang tidak menggunakan angka.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat, jika ada salah kata, dan salah ketik mohon koreksinya.

Terima kasih

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.