Limbah (Sampah) Organik : Pengertian, Jenis, dan Contoh

L

Ketika berbelanja di pasar tak jarang kita menemukan tumpukan sayuran-sayuran busuk atau sisa-sisa daun pembungkus makanan yang berserakan di sudut-sudut pasar kan sobat.

Jelas saja kondisi tersebut sangat mengganggu karna menimbulkan bau tak sedap serta kesan kotor dan kumuh, namun taukah sobat bahwa sampah-sampah tersebut masuk ke dalam golongan limbah organik?

Pasti sobat semua bertanya-tanya apa sih yang dimaksud dengan limbah organik? Yuk kita simak materi berikut ini.

1. Pengertian Limbah (Sampah) Organik

Limbah organik merupakan sisa-sisa dari penggunaan makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan yang dapat diuraikan kembali oleh bakteri atau bisa didaur ulang menjadi suatu barang.

Penasaran lebih lanjutnya? yuk simak baik-baik penjelasan berikut ini.

2. Jenis-jenis Limbah (Sampah) Organik

Limbah organik terbagi ke dalam beberapa jenis klasifikasi loh sobat, berikut adalah pemaparannya.

  • Berdasarkan Senyawa

Berdasarkan senyawa penyusunnya limbah organik terdiri dari sisa-sisa tumbuhan dan hewan yang mudah terurai oleh bakteri, sehingga dalam limbah organik mengandung senyawa karbon dan hidrogen yang cukup mendominasi.

Contohnya seperti: sayuran, buah, dan makanan yang telah busuk.

  • Berdasarkan Sumber

Sobat, berdasarkan sumbernya limbah terbagi menjadi beberapa macam. Berikut adalah pembagiannya;

1. Limbah Industri

Limbah Industri Kayu
Limbah Industri Kayu

Selain asap pabrik sisa-sisa hasil produksi seperti kertas, serbuk kayu, dan lainnya juga merupakan limbah organik yang dihasilkan dari kegiatan perindustrian, hal ini bisa menyebabkan pencemaran lingkungan loh sobat.

2. Limbah Domestik

Tahukah sobat bahwa limbah (sampah) rumah tangga merupakan sumber utama penghasil sampah disetiap negara? Yuk mari kita buktikan!

Misalkan dalam suatu negara terdapat 2 juta penduduk dan setiap orang menghasilkan 1 sampah sisa konsumsi per hari, dalam sehari sampah yang dihasilkan sebesar 2 juta sampah, lalu kalikan dengan minggu, bulan, atau bahkan tahun, wah! sungguh tak terbayangkan bukan jumlahnya.

3. Limbah Pertanian

Sisa Panen Termasuk dalam Limbah Organik
Sisa Panen Termasuk dalam Limbah Organik

Asalkan sobat tau, sektor pertanian juga menjadi sumber limbah organik loh sobat. Sebut saja jerami sisa panen padi, daun-daun sisa panen sayuran, atau tanaman yang gagal tumbuh dan akhirnya terbengkalai dan akhirnya mencemari lingkungan.

4. Limbah Peternakan

Kotoran Hewan Limbah Peternakan
Kotoran Hewan Limbah Peternakan

Tak hanya sektor pertanian, sektor peternakan juga menghasilkan limbah organik yang membuat pencemaran udara seperti: kotoran hewan, air kencing sapi, sisa-sisa makanan hewan, dan masih banyak lagi loh sobat.

Berdasarkan Sifat

Berdasarkan sifatnya, limbah organik tergolong dalam limbah biasa yang juga turut andil dalam pencemaran lingkungan. Namun perlu digaris bawahi bahwa limbah organik dapat terurai oleh bakteri dengan sendirinya, sehingga pencemaran tak berlangsung lama.

Berdasarkan Wujud

Selanjutnya, berdasarkan wujudnya limbah organik terbagi menjadi 2, yaitu

  • Limbah (Sampah) Organik Kering

Kertas, kardus, cangkang telur, sabut kelapa merupakan beberapa contoh dari limbah organik kering. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kandungan air yang ada pada sampah organik tersebut sangat minim sehingga lebih mudah untuk didaur ulang.

Contoh lain: limbah tempat pemotongan kayu, ranting pohon, alang-alang kering, jerami, kertas, kulit telur, batok kelapa, ranting pohon, daun-daun kering, sisik ikan, serbuk gregaji, kardus, biji buah, tulang ikan, tulang ayam, tulang sapi, bonggol jagung, kulit bawang, kulit udang, kulit biji kopi, puntung rokok, potongan kain yang tak lagi digunakan, kertas karton.

  • Limbah (Sampah) Organik Basah

Sedangkan limbah organik basah merupakan sampah yang memiliki kandungan air sangat tinggi, sehingga ketika akan didaur ulang sebagai hiasan atau kerajinan harus melalui proses pengeringan. Hal ini dilakukan agar kerajinan bisa sertahan lama dan tidak busuk.

Contohnya: Kulit buah-buahan, sisa sayur-mayur, buah yang busuk, kulit bawang, limbah ikan yang dibersihkan, limbah ayam yang dibersihkan, sabut kelapa, daun-daun basah, kotoran ternak, air seni ternak, akar-akaran yang masih basah, nasi basi, susu basi dan lain lain.

3. Macam-Macam Limbah (Sampah) Organik

Sobat berikut ini adalah macam-macam sampah organik yang ada di sekitar kita, simak dengan baik ya!

1. Sisa Sayuran

Sisa Sayuran
Sisa Sayuran

2. Buah Busuk

Buah Busuk
Buah Busuk

3. Kotoran Hewan

Kotoran Sapi Diolah Menjadi Pupuk
Kotoran Sapi Diolah Menjadi Pupuk

4. Kertas

Limbah Kertas
Limbah Kertas

5. Jerami

Jerami
Jerami

6. Kulit Telur

Kulit Telur
Kulit Telur

7. Sisa Kapas

Sisa Kapas
Sisa Kapas

4. Perbedaannya Dengan Limbah (Sampah) Anorganik

Berikut ini adalah perbedaan antara limbah organik dengan limbah anorganik, perhatikan dengan baik ya!

Limbah (Sampah) Organik
Limbah (Sampah) Anorganik
Limbah organik berasal dari sisa-sisa makhluk hidupLimbah anorganik berasal dari bahan-bahan hasil produksi
Limbah organik mengandung banyak sekali unsur karbonLimbah organik mengandung banyak sekali unsur karbon Limbah anorganik tidak didominasi oleh unsur karbon
Limbah organik lebih cepat teruraiLimbah anorganik memerlukan waktu yang lama agar bisa terurai
Hasil pemanfaat limbah organik biasanya berupa pupuk, pakan ternak, kompos, sumber energi terbarukan, dan lain sebagainyaHasil pemanfaatan limbah anorganik biasanya berupa barang baru yang memiliki fungsi berbeda pula
Limbah anorganik lebih cenderung ke produk hasil olahan manusia seperti plastik, kaca, karet, dan barang-barang yang tak bisa terurai atau sulit terurai.Limbah anorganik lebih cenderung ke produk hasil olahan manusia seperti plastik, kaca, karet, dan barang-barang yang tak bisa terurai atau sulit terurai.

5. Cara Penanganan Limbah (Sampah) Organik

Tahukah sobat bahwa limbah organik yang selalu memenuhi tempat sampah di rumah kita ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak? Ah tak percaya!

Mungkin kebanyakan dari kalian akan bereaksi seperti itu, namun limbah organik memang memiliki manfaat apabila ditangani dengan benar loh sobat. Yuk intip penanganan limbah organik berikut ini :

1. Pemanfaatan sebagai kompos dan pupuk organik

Mengolah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos
Mengolah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos

Dalam pemanfaatan ini kalian hanya membutuhkan sampah bekas sayuran, buah, maupun dedaunan kering yang kemudian ditimbun dalam tanah untuk beberapa masa dan selanjutnya bisa kalian gunakan untuk menutrisi tanaman.

2. Sebagai pakan ternak

Jerami Diolah Menjadi Pakan Ternak
Jerami Diolah Menjadi Pakan Ternak

Sampah organik selain bisa digunakan untuk kompos juga bisa digunkan untuk pakan ternak loh sobat, kandungan gizi yang tinggi menjadi alasan utama para peternak memilih limbah organik untuk memberi makan hewan ternaknya.

3. Pemanfaatan sebagai biogas

Pemanfaatan Kotoran Ternak untuk Biogas
Pemanfaatan Kotoran Ternak untuk Biogas

Pemanfaatan limbah organik menjadi biogas tentunya terdengar asing di telinga kita ya sobat, namun hal ini memang benar adanya. Saat ini masyarakat sedang berinovasi dengan mengkonversikan kotoran hewan maupun manusia menjadi sumber energi baru dengan bantuan alat-alat buatan sendiri, wah sungguh kreatif dan inovatif sekali ya sobat.

FAQ | Frequently Asked Questions

Apa saja sampah organik ?

Sisa Sayuran

Sampah organik berdasarkan wujud dibagi menjadi 2 yaitu kering dan basah. Contoh sampah organik kering : limbah tempat pemotongan kayu, ranting pohon, alang-alang kering, jerami, kertas, dan kulit telur. Contoh sampah organik basah: Kulit buah-buahan, sisa sayur-mayur, buah yang busuk, kulit bawang, limbah ikan yang dibersihkan, dan limbah ayam yang dibersihkan.

Apa yang dimaksud dengan sampah organik ?

Limbah Kertas

Samoah organik merupakan sisa-sisa dari penggunaan makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan yang dapat diuraikan kembali oleh bakteri atau bisa didaur ulang menjadi suatu barang

Apakah kulit telur termasuk sampah organik?

Kotoran Sapi Diolah Menjadi Pupuk

Kulit telur termasuk dalam sampah organik karena berasal dari mahkluk hidup. Sama halnya dengan kotoran ternak (ayam, kambing, dan sapi)


Nah sekarang jadi tahu kan terkait limbah (sampah) organik yang tenyata punya segudang manfaat apabila diolah dengan baik dan benar.

Oh ya sobat, ingat walaupun sampah organik bisa terurai dengan mudah namun tetap saja kita harus meminimalisirnya ya sobat karna segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. See you in another artikel friends!

About the author

Soleh Hasan Wahid

Saya suka membagikan artikel yang informatif. Dan semoga tulisan saya dapat bermanfaat untuk para pembaca.

...Terima kasih...

Add Comment