Konduktivitas Larutan Elektrolit dan Derajat Dissosiasi [Rumus Lengkap]

K

Secara definisi, larutan elektrolit merupakan larutan yang dapat menghantarkan listrik sedangkan larutan non-elektrolit merupakan larutan yang tidak dapat menghantarkan listrik. Larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik disebabkan adanya muatan yang bergerak. Muatan tersebut dihasilkan dari ion-ion yang dihasilkan molekul dalam larutan tersebut.

Konduktivitas Larutan Elektrolit
Konduktivitas Larutan Elektrolit

Dalam pengukurannya, daya hantar suatu larutan elektrolit dapat ditentukan menggunakan nilai konduktivitas (G) dari larutan tersebut dengan satuan Siemens. Nilai konduktivitas dari suatu larutan dapat dirumuskan sebagai berikut:

\(G = \frac{1}{R}\)

R merupakan tahanan dari larutan tersebut yang dirumuskan

\(R = \frac{1}{\kappa}\cdot C\)

  • R = Tahanan (Ω)
  • \(\kappa\) = Konduktivitas (S cm-1)
  • C = Konstanta sel (cm-1)

Konduktivitas molar suatu larutan dapat ditentukan dengan persamaan

\(\Lambda_m = 100\frac{\kappa}{c}\)

  • \(\Lambda_m \) = Konduktivitas molar (S cm2 mol-1)
  • \(\kappa\) = konduktivitas (S cm-1)
  • c = konsentrasi (mol dm-3)

Larutan Elektrolit Kuat

Larutan elektrolit kuat merupakan larutan yang konduktivitas molarnya (λ0m) sedikit berkurang jika konsentrasinya bertambah. Hal ini disebabkan molekul dalam elektrolit kuat akan terionisasi secara sempurna (α = 1).

Penggolongan elektrolit kuat bergantung pada pelarut dan zat terlarutnya. Misalnya jika pelarut yang digunakan adalah air, maka zat-zat ionik dan asam kuat merupakan suatu elektrolit kuat. Hal ini disebabkan karena zat-zat tersebut akan terionisasi sempurna dalam air.

Zat-zat yang termasuk elektrolit kuat antara lain :

  • \(HCl_{(aq)} \rightarrow H^+_{(aq)} + Cl^-_{(aq)}\)
  • \(HBr_{(aq)} \rightarrow H^+_{(aq)} + Br^-_{(aq)}\)
  • \(NaCl_{(aq)} \rightarrow Na^+_{(aq)} + Cl^-_{(aq)}\)
  • \(BaCl_{2(aq)} \rightarrow Ba^{2+}_{(aq)} + 2Cl^-_{(aq)}\)

Pada larutan elektrolit kuat, karena konduktivitas molarnya hanya berkurang sedikit jika konsentrasinya bertambah, maka konduktansi yang dimiliki oleh larutan tersebut akan besar.

Larutan Elektrolit Lemah

Larutan elektrolit lemah merupakan larutan yang konduktivitas molarnya (λ0m) akan banyak berkurang jika konsentrasinya bertambah. Hal ini disebabkan molekul dalam elektrolit lemah hanya terionisasi sebagian (α < 1).

Dalam pelarut air, elektrolit lemah dapat berupa larutan asam lemah maupun basa lemah. Hal ini disebabkan larutan tersebut memiliki nilai pKa atau pKb yang besar (atau Ka dan Kb yang kecil) yang menyebabkan larutan tersebut tidak terionisasi sempurna.

Dalam perhitungan derajat dissosiasi (α) larutan elektrolit lemah, kita dapat menggunakan nilai Ka mapun Kb dari larutan tersebut

Ionisasi Asam 1
Ionisasi Asam 1

Derajat Ionisasi 1
Derajat Ionisasi 1

Dari persamaan diatas, kita dapat menentukan derajat dissosiasi dari nilai Ka dan konsentrasi

About the author

Add Comment