Simbiosis Komensalisme

S

Hubungan antara dua makhluk hidup di dunia ini lazim disebut dengan simbiosis. Sobat, ternyata interaksi itu tidak sepenuhnya diinginkan oleh kedua makhluk hidup lho.

Bahkan makhluk hidup yang lain merasa seperti tidak ada interaksi apapun. Sebab memang tidak semua interaksi itu menguntungkan kedua belah pihak ya.

Inilah ragam simbiosis yang harus kamu ketahui. Karena interaksi yang terjadi antar makhluk hidup itu beragam.

Namun sekarang yang akan kita pelajari bersama adalah simbiosis komensalisme. Seperti apa simbiosis komensalisme itu? Simak ulasan berikut ini ya!

Pengertian Simbiosis Komensalisme

Simbiosis Komensalisme yaitu sebuah hubungan interaksi antara dua makhluk hidup yang pihak pertama diuntungkan, dan pihak kedua tidak diuntungkan juga tidak dirugikan.

Pengertian Simbiosis Komensalisme
Pengertian Simbiosis Komensalisme

Nah jadi simbiosis komensalisme ini bisa dikatakan hubungan interaksi yang paling tulus, karena organisme lain tidak minta diuntungkan namun juga tidak merasa dirugikan. Subhanallah ya.

20 Contoh Simbiosis Komensalisme

Kamu sering mengamati keadaan sekitar rumah? Adakah kira-kira tanaman atau hewan yang berinteraksi sesuai dengan karakteristik simbiosis komensalisme ini?

Jika ada berarti lingkunganmu sangat sehat. Berikut akan kami uraikan 20 contoh simbiosis komensalisme lengkap dengan gambarnya.

1. Hubungan antara Tumbuhan Paku dengan Pohon Jati

Simbiosis Komensalisme - Tumbuhan Paku dengan Pohon Jati
Tumbuhan Paku dengan Pohon Jati

Contoh simbiosis komensalisme yang pertama yaitu tumbuhan paku dengan pohon jati. Tumbuhan paku sering kita jumpai menempel pada pohon jati.

Tujuannya ialah agar mendapatkan sinar matahari sebagai penguat hidup. Pohon jati tidak merasa diuntungkan dengan kehadiran tumbuhan paku, dan juga tidak merasa dirugikan.

2. Hubungan antara Cacing Pipih dan Kepiting

Simbiosis Komensalisme - Cacing Pipih dan Kepiting
Cacing Pipih dan Kepiting

Cacing pipih biasanya menempel pada tubuh kepiting, untuk mendapatkan sisa-sisa makanan. Bagaimana bisa disebut Simbiosis Komensalisme ?

Tentu cacing pipih akan diuntungkan karena mendapatkan makanan, sementara kepiting sama sekali tidak dirugikan atau diuntungkan dengan keberadan cacing pipih. Interaksi ini sering kita jumpai di ekosistem air.

3. Hubungan antara Bunga Anggrek dengan Inangnya

Hubungan antara bunga anggrek dengan inangnya yaitu anggrek akan mendapatkan tempat agar lebih mudah terkena sinar matahari, sementara tanaman inangnya tidak merasa terganggu dengan anggrek yang menempel pada tubuhnya.

4. Hubungan antara Bunga Anggrek dengan Pohon Mangga

Simbiosis Komensalisme - Bunga Anggrek dengan Pohon Mangga
Bunga Anggrek dengan Pohon Mangga

Keuntungan yang didapatkan bunga anggrek yaitu bisa mendapatkan sinar matahari dan menyerap zat organik yang tidak dipakai lagi oleh pohon mangga.

Dan pohon mangga juga tidak merasa dirugikan dengan adanya anggrek, tidak juga dirugikan sebab mereka menjalani hidupnya masing-masing.

5. Hubungan antara Bunga Anggrek dengan Pohon Randu

Simbiosis Komensalisme - Bunga Anggrek dengan Pohon Randu
Bunga Anggrek dengan Pohon Randu

Bunga anggrek tidak hana menempel pada satu pohon saja ya, bisa juga pada pohon lain seperti randu.

Karena memang mudah sekali sebenarnya budidaya bunga ini. Sama saja dengan pohon mangga, bunga anggrek akan menempel di pohon randu untuk mendapatkan sinar matahari.

6. Hubungan antara Tumbuhan Sirih dengan Inangnya

Simbiosis Komensalisme - Tumbuhan Sirih dengan Inangnya
Tumbuhan Sirih dengan Inangnya

Tumbuhan sirih biasanya akan hidup dengan merambat mengikuti bentuk tubuh tanaman inangnya. Meski dikira merugikan, tapi kenyataannya tidak.

Sirih akan lebih mudah mendapatkan sinar matahari untuk proses fotosintesis, sedangkan inangnya tidak terpengaruh apapun dengan kehadiran sirih.

7. Hubungan antara Tanaman Paku Tanduk Rusa dengan Inangnya

Simbiosis Komensalisme - Tanaman Paku Tanduk Rusa dengan Inangnya
Tanaman Paku Tanduk Rusa dengan Inangnya

Hampir sama dengan jejak tumbuhan sirih, tanaman paku tanduk rusa akan menempel pada inangnya agar lebih mudah mendapatkan sinar matahari.

Tanaman inangnya tidak akan dirugikan dan diuntungkan, tetapi tanaman paku tanduk rusa beruntung bisa mendapatkan cahaya matahari dengan mudah.

8. Hubungan antara Bakteri Pembusuk pada Usus Manusia

Simbiosis Komensalisme - Bakteri Pembusuk pada Usus Manusia
Bakteri Pembusuk pada Usus Manusia

Bakteri ini akan memakan zat sisa-sisa makanan yang ada di dalam usus manusia, dan meskipun ini bakteri tetapi manusia tidak merasa diuntungkan atau dirugikan. Si bakteri akan mendapatkan makanan dari sisa zat makanan manusia.

9.  Hubungan antara Ikan Remora dengan Ikan Hiu

Ikan remora memiliki bentuk tubuh yang kecil sehingga mudah sekali dimangsa oleh predator lain. Untuk itu biasanya ikan remora berlindung di bawah ikan hiu yang besar agar tidak nampak oleh pemangsa.

Ikan Remora dan Hiu
Ikan Remora dan Hiu

Selain itu, ikan remora mendapatkan sisa makanan dari ikan hiu. Kehadiran ikan remora juga tidak berpengaruh terhadap ikan hiu. Jadi keduanya mencerminkan simbiosis komensalisme.

10. Hubungan antara Ikan Remora dengan Ikan Pari

Simbiosis Komensalisme - Ikan Remora dengan Ikan Pari
Ikan Remora dengan Ikan Pari

Ikan remora biasanya hidup menempel pada tubuh ikan pari agar bisa terlindungi. indahnya jika ikan pari memperoleh makanan, sisa makanan itu pasti akan dimakan oleh ikan remora. Ikan pari tidak merasa rugi dengan hal itu. Karena yang dimakan ikan remora merupakan sisa makanannya.

11. Hubungan antara Udang dengan Timun Laut

Simbiosis Komensalisme - Udang dengan Timun Laut
Udang dengan Timun Laut

Hampir sama dengan penjelasan diatas, udang akan menempel pada tubuh timun laut untuk mendapatkan sisa makanan. Timun laut tidak merasa apapun meski udang menempel di tubuhnya.

12. Hubungan antara Ikan Badut dengan Anemon Laut

Ikan Badut dan Anemon Laut - Hubungan Simbiosis Komensalisme
Ikan Badut dan Anemon Laut – Hubungan Simbiosis Komensalisme

Ikan badut yang cerdas pasti akan bersembunyi di sela-sela tubuh anemon laut untuk menghindari pemangsanya. Meski anemon laut akan mengeluarkan zat beracunnya, tetapi ikan badut sama sekali tidak terpengaruh racun itu karena memiliki selaput lendir di tubuhnya. Anemon laut juga tidak merasa rugi atas ulah si ikan badut ini.

13. Hubungan antara Ikan Pilot dengan Penyu

Simbiosis Komensalisme - Ikan Pilot dengan Penyu
Ikan Pilot dengan Penyu

Ikan pilot senang hidup di sekeliling penyu, untuk mendapatkan sisa makanan dari si penyu. Penyu pun tidak merasa keberatan atau bahkan senang hati. Inilah cerminan simbiosis komensalisme.

14. Hubungan antara Ikan Goby dengan Bulu Babi

Simbiosis Komensalisme - Ikan Goby dengan Bulu Babi
Ikan Goby dengan Bulu Babi

Ikan goby ini berukuran kecil dan biasanya bersembunyi di sela-sela bulu babi untuk berlindung. Babi tidak merasa dirugikan oleh ikan goby. Keduanya bahkan bisa hidup berdampingan.

15. Hubungan antara Katak dan Pepohonan

Simbiosis Komensalisme - Katak dan Pepohonan
Katak dan Pepohonan

Katak kecil pasti akan mencari tempat nyaman untuk berlindung. Dan daun pohon lah yang menjadi sasarannya. Katak akan berlindung di bawah pepohonan, dan pohon tidak akan terpengaruh oleh si katak yang berada dekat dengannya.

16. Hubungan antara Serigala Emas dengan Harimau

Simbiosis Komensalisme - Serigala Emas dengan Harimau
Serigala Emas dengan Harimau

Serigala emas biasanya hidup berkelompok. Dan jika ia terpisah dari kumpulan kawan-kawannya, maka serigala akan berjalan perlahan di belakang harimau untuk bisa mendapatkan sisa makanan.

Serigala untung, karena mendapatkan makanan gratis, dan harimau tidak terpengaruh karena posri makannya sudah cukup.

17. Hubungan antara Puffin dan Kelinci

Simbiosis Komensalisme - Puffin dan Kelinci
Puffin dan Kelinci

Burung puffin biasanya akan menempati lubang yang telah dibuat oleh kelinci untuk tempat istirahat. Puffin mendapatkan keuntungan berupa tempat istirahat, dan kelinci tidak akan berbuat apa-apa karena lubang yang ia buat sudah ditinggalkan.

18. Hubungan antara Kalajengking tanpa Sengat dengan Kumbang Besar

Simbiosis Komensalisme - Kalajengking tanpa Sengat dengan Kumbang Besar
Kalajengking tanpa Sengat dengan Kumbang Besar

Kalajengking tanpa sengat ini akan berlindung di bawah sayap kumbang besar agar terhindar dari musuhnya. Kalajengking mendapat tempat berlindung, dan kumbang besar tidak ada dampak apa-apa.

19. Hubungan antara Rayap dengan Protozoa Berflagellata

Simbiosis Komensalisme - Rayap dengan Protozoa Berflagellata
Rayap dengan Protozoa Berflagellata

Protozoa merupakan salah satu organisme yang hidup di dalam usus rayap, untuk membantu mengubah mencerna kayu. Protozoa berflagellata diuntungkan karena bisa hidup, dan rayap tidak ada pengaruh apapun.

20. Hubungan antara Rhizobium sp dengan Kacang-kacangan

Simbiosis Komensalisme - Rhizobium sp dengan Kacang-kacangan
Rhizobium sp dengan Kacang-kacangan

Bakteri rhizobium sp hidup di ujung akar tanaman kacang-kacangan, untuk bisa bertahan hidup dengan cara mendapatkan sisa makanan dan nitrogen. Dan tanaman kacang juga tidak merasa rugi.

Contoh Soal dan Pembahasan

Disini mari kita berlatih memecahkan persoalan seputar simbiosis komensalisme.

Soal 1
Bunga anggrek yang sengaja ditanam di pohon mangga depan rumah merupakan salah satu contoh dari simbiosis apa?
a. Komensalisme
b. Parasitisme
c. Netralisme
d. Mutualisme

Jawaban : A
Karena saat menempel di pohon mangga, anggrek mendapatkan keuntungan yakni sinar matahari, dan pohon anggrek tidak ada pengaruh atas keberadaan bunga anggrek.

Soal 2
Sebutkan contoh simbiosis komensalisme, kecuali?
a. Bunga anggrek nggrek dan inangnya
b. Ikan remora dan ikan hiu
c. Ikan remora dan ikan patin
d. Ikan remora dengan ikan pari

Jawaban : C
Karena tidak ada interaksi antara dua hewan ini.

Soal 3
Sebutkan ciri-ciri simbiosis komensalisme!
a. Pihak pertama diuntungkan
b. Semua benar
c. Tidak menguntungkan pihak lain
d. Tidak merugikan pihak lain

Jawaban : B
Karena simbiosis komensalisme merupakan proses interaksi dua makhluk hidup yang menguntungkan satu pihak dan tidak menguntungkan juga tidak merugikan pihak lain.


Oke, itulah penjelasan lengkap tentang Simbiosis Komensalisme beserta cotohnya lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam.

About the author

Statmat Staff

Suka berbagi pengetahuan. Dan semoga bermanfaat.

Add Comment