Kalender Puasa Ramadhan & Sunnah 2020 (1441 Hijriyah)

Kalender Puasa Ramadhan & Sunnah 2020 (1441 Hijriyah)

Halo sobat tak terasa ya ramadhan sudah semakin dekat, waktunya umat Islam berlomba-lomba dalam menebar kebaikan.

Akan tetapi ramadan tahun ini akan terasa sangat berbeda, hal ini dikarenakan adanya virus corona atau covid-19 yang sedang menyerang hampir seluruh negara di muka bumi ini.

Di Ramadhan tahun 2020 ini tak akan ada tradisi mudik ke kampung halaman saat hari raya, tak ada acara kumpul buka bersama dengan teman, tak ada lagi segerombolan orang yang memukul kentongan untuk membangunkan sahur, dan di tahun ini pula tak ada lagi tradisi-tradisi ramadhan seperti sebelumnya.

Kalender Puasa 2020

Di tahun ini orang-orang sibuk mengkarantina diri dan menerapkan social distancing, tempat-tempat umum ditutup, beberapa wilayah melakukan lockdown, dan hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 sesuai peraturan yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Namun jangan sampai pandemi kali ini membuat kita dengan Tuhan semakin berjarak ya sobat, karena hanya atas kuasa-Nya virus ini ada dan atas kuasa Allah pula lah virus ini akan binasa.

Berikut ini adalah jadwal-jadwal puasa wajib dan sunnah yang bisa kalian lakukan selama menjalani karantina loh sobat, jadi walupun dikarantina ibadah tetap harus jalan. Simak dengan baik ya!

1. Macam-macam Puasa Sunnah

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai macam-macam puasa, Apa sih yang dimaksud dengan puasa?

Puasa adalah ibadah yang dilaksanakan umat muslim, dimana mereka secara sukarela tidak diperkenankan untuk makan dan minum serta menjauhkan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari atau dalam periode tertentu.

Nah sobat puasa terbagi menjadi dua yakni puasa wajib dan puasa sunnah, namun kali ini yang akan kita bahas ialah puasa sunnah.

Apa pengertian dari puasa sunnah?

Puasa sunnah ialah puasa yang tidak wajib dilakukan oleh semua kaum muslim, namun apabila dilaksanakan ia mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan ia tidak berdosa.

Berikut ini adalah macam-macam puasa sunnah yang bisa kalian lakukan loh sobat:

  • Puasa Senin Kamis

puasa senin kamis merupakan puasa sunnah termasyhur dikalangan umat muslim, hal ini dikarenakan Nabi Muhammad SAW menyuruh umatnya untuk senantiasa melaksanakan puasa pada hari senin dan hari kamis.

Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan kedua hari tersebut merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dan turunnya Al-Qur’an untuk pertama kalinya

  • Puasa Ayyamul Bidh

Puasa sunnah selanjutnya ialah puasa ayyamul bidh, puasa yang dilaksanakan pada tanggal 13,14,15 setiap bulannya berdasarkan kalender Islam ini memiliki arti putih, hal ini dikarenakan pada malam-malam tersebut bulan bersinar terang.

  • Puasa Daud

Puasa ini dianjurkan untuk dilaksakan sebagai wujud meneladani Nabi Daud as loh sobat. Selain itu puasa ini juga dinilai unik karena pelaksanaannya dilakukan berselang-seling, dimana sehari kita akan melaksanakan puasa dan di hari berikutnya kita tidak berpuasa.

  • Puasa Asyura

Puasa sunnah satu ini dilaksanakan pada bulan asyura dan utamanya pada tanggal sepuluh, namun tetap bisa dilaksanakan pada awal maupun akhir bulan asyura juga.

  • Puasa Sya’ban (Nisfu Sya’ban)

Bulan say’ban merupakan bulan sebelum bulan ramadhan dalam kalender Islam, dimana pada bulan ini seluruh catatan amal kita diangkat ke langit. Sehingga kita umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak beribadah di bulan ini atau lebih tepatnya pada malam nisfu sya’ban yang jatuh pada malam kelima belas.

  • Puasa Syawal

Puasa Syawal merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan tepat sehari setelah hari raya Idul Fitri atau tanggal 2 syawal. Puasa ini dilaksanakan selama 6 hari berturut-turut atau bisa juga tidak berurutan, dengan catatan selama masih berada dalam bulan syawal ya sobat.

  • Puasa Tarwiyah

Puasa yang dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah ini memiliki keistimewaan loh sobat, bahwa siapa saja yang melaksanakan puasa pada hari tarwiyah akan diampuni dosanya selama satu tahun yang lampau.

  • Puasa Arafah

Selanjutnya ialah puasa arafah, puasa yang dilaksanakan setelah puasa tarwiyah atau lebih tepatnya pada tanggal 9 Dzulhijjah ini memiliki keistimewaan loh sobat. Bahwa siapa saja yang melaksanakan puasa di hari arafah maka akan diampuni dosanya selama dua tahun yakni, setahun yang lampau dan setahun yang akan datang.

Wah ternyata banyak juga ya macam-macam puasa sunnah, gimana masih semangat? Yuk kita lanjutkan.

2. Jadwal Puasa Ramadhan 2020 (1441 Hijriyah)

Ramadhan tiba ramadhan tiba, marhaban ya ramadhan marhaban ya ramadhan, penggalan lagu yang dibawakan oleh opic ini mengingatkan kita pada keagungan bulan suci ramadhan kan sobat.

Jadwal Puasa Ramadhan 2020 (1441 Hijriyah)

Namun, seperti penjabaran di awal bahwa ramadhan kali ini tak bisa kita rayakan dengan beramai-ramai, akan tetapi juga tak bisa mengurungkan niat kita untuk menyambut ramadhan dengan suka cita. Yuk kita intip jadwal puasa ramadhan tahun 2020 (1441 Hijriyah) sobat!

3. Jadwal Puasa Sunnah 2020 (1441 Hijriyah)

Setelah mengetahui macam dan jenis puasa sunnah, berikut ini adalah jadwal puasa sunnah tahun 2020 (1441 Hijriyah) semoga sobat semua tak melewatkan puasa sunnah di tahun ini ya.

Jadwal Puasa Sunnah 2020 (1441 Hijriyah)

4. Download Kalender Puasa 2020 Lengkap

Di internet kalender puasa 2020 (1441 Hijriyah) sudah sangat banyak sekali, bahkan tersedia dengan beraneka ragam bentuk dan variasi yang tentunya menarik untuk dimiliki.

Akan tetapi beberapa orang masih bingung bagaimana cara mendownload kalender-kalender tersebut.

Tenang aja sobat, berikut adalah cara mendownload kalender puasa tahun 2020 (1441 Hijriyah) lengkap dan mudah.

  • Langkah 1 – Pastikan laptop anda tersambung ke jaringan Wi-Fi dan buka browser anda, pada artikel kali ini kami menggunakan Mozila Firefox.
    Buka Aplikasi Browser
  • Langkah 2 – Ketik pada menu search bit.ly/puasa20 seperti pada gambar.
    Masukkan Link Download Jadwal Puasa
  • Langkah 3 – Setelah muncul seperti pada gambar, klik tombol download seperti pada kotak merah dan kalender puasa akan terdownload otomatis atau.
    Jadwal Puasa Ramadhan 2020 (1441 Hijriyah) Siap untuk Didownload
  • Langkah 4 – Dibeberapa laptop akan muncul text box seperti ini, namun tak perlu panik karna kalian hanya perlu mengklik tombol OK dan kalender puasa telah terdownload.
    Jadwal Puasa Ramadhan Berhasil Diunduh

Kalender puasa siap menemani anda dalam melaksanakan puasa wajib dan sunnah
Sekarang sobat semua telah memiliki Kalender Puasa Ramadhan & Sunnah 2020 (1441 Hijriyah) yang akan senantiasa mengingatkan terkait jadwal puasa, semoga bermanfaat dan terus semangat puasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.