Hewan Ovovivipar

Hewan Ovovivipar: Pengertian, Ciri, Proses, dan Contohnya

Masih membahas soal perkembangbiakan hewan. Pada materi sebelumnya kita membahas ovipar(bertelur) dan vivipar (beranak). Dan sekarang kita membahas hewan-hewan ovovivipar.

Kita kita menengok materi perkembangbiakan secara ovipar atau vivipar sudah bukan lagi menjadi hal yang baru ya sobat. Hal ini dikarenakan banyak hewan disekitar kita melakukan perkembangbiakan dengan bertelur dan melahirkan seperti ayam, kambing, sapi dan lainnya.

“Akan tetapi perkembangbiakkan secara ovovivipar masih terdengar asing ditelinga kita bukan?”

“Lalu ovovivipar itu bentuk perkembangbiakkan yang seperti apa dan dialami oleh hewan apa saja?”

Tenang sobat, karena berikut ini akan ada pembahasan terkait perkembangbiakkan secara ovovivipar, simak dengan baik ya!

1. Pengertian Hewan Ovovivipar

Perkembangbiakan hewan terbagi menjadi 3 klasifikasi, yakni ovipar, vivipar, dan ovovivipar.

Dimana ovipar adalah proses perkembangbiakan dengan cara bertelur dan vivipar adalah proses perkembangbiakkan dengan melahirkan.

Hewan-hewan Ovovivipar
Hewan-hewan Ovovivipar

Sedangkan ovovivipar adalah proses perkembangbiakkan dengan mengkolaborasikan metode ovipar dan vivipar sehingga hewan dengan sistem perkembangbiakkan ini menghasilkan telur yang tetap tersimpan dalam tubuhnya dan kemudian dilahirkan.

2. Ciri-ciri Hewan Ovovivipar

Seperti halnya hewan lain, hewan dengan perkembangbiakkan ovovivipar juga memiliki ciri-ciri loh sobat. Berikut adalah ciri-cirinya, simak dengan baik ya!

  • Hewan ovovivipar melakukan pembuahan dan penetasan telur di dalam tubuhnya loh sobat dan kemudian baru dilahirkan;
  • Selanjutnya jika hewan vivipar mendapatkan asupan makanan dari sang induk, beda halnya dengan hewan ovovivipar. Embrio hewan ovovivipar selama berada di dalam tubuh sang induk mendapatkan cadangan makanan dari telur yang ia tempati loh sobat;
  • Ciri yang lainnya adalah hewan-hewan yang berkembang biak secara ovovivipar tidak memiliki kelenjar susu sebagaimana hewan yang melahirkan pada umumnya, sehingga hewan-hewan ini tidak menyusui anak-anak mereka;
  • Selain itu, hewan ovovivipar juga tidak mengasuh anak-anak mereka yang telah lahir sebagaimana hewan vivipar;

3. Proses Perkembangbiakkan Hewan Ovovivipar

Hewan dengan perkembangbiakkan ovovivipar melakukan pembuahan dan menghasilkan embrio, dimana embrio itu berkembang dalam sebuah telur yang tetap berada di dalam tubuh sang induk dan ketika sudah waktunya telur tersebut akan menetas dan keluar dari tubuh sang induk layaknya hewan yang melahirkan. Ingat ya, kita juga pernah membahas materi sel-sel yang terdapat pada hewan.

Namun, perlu digaris bawahi bahwa meskipun embrio tetap berada dalam tubuh sang induk, namun ia tidak mendapatkan nutrisi makanan dari sang induk melainkan dari telur yang ditempatinya.

4. Contoh Hewan Ovovivipar

Setelah mengetahui proses perkembangbiakkan dengan cara ovovivipar, berikut ini adalah contoh hewan-hewan yang berkembang biak secara ovovivipar:

  1. Bunglon
    Bunglon
    Bunglon

    Hewan yang melindungi diri dengan berubah warna ini secara umum termasuk ke dalam golongan hewan ovipar, akan tetapi karna keanekaraganam spesies yang ada serta adanya seleksi alam membuat beberapa spesies berkembang biak dengan ovovivipar.

    Embrio hasil dari pembuahan berada dalam tubuh sang induk dalam wujud telur, kemudian ketika telah mencapai waktunya telur tersebut akan menetas dan keluar dari dalam tubuh sang induk. Rentang waktu yang dibutuhkan kira-kira selama 5-6 minggu sobat.

  2. Ikan hiu
    Ikan Hiu
    Ikan Hiu

    Salah satu hewan yang mendapat julukan predator laut ini ternyata juga berkembang biak dengan cara ovovivipar loh sobat, mereka menghasilkan 5-20 calon bayi dalam sekali kehamilan.

  3. Ikan Pari
    Ikan Pari
    Ikan Pari

    Ikan berbentuk pipih dan lebar ini ternyata juga menyimpan embrio hasil pembuahan ke dalam telur yang tetap berada di dalam tubuhnya juga loh sobat, dan membutuhkan waktu selama 9-12 bulan untuk bisa melahirkan anak-anaknya.

  4. Platypus
    Platypus
    Platypus

    Platypus adalah hewan yang banyak dijumpai di benua Australia khususnya bagian timur loh sobat, mempunyai ciri fisik layaknya bebek dengan mocong dan kakinya yang memiliki selaput. Platypus tergolong hewan mamalia, namun berkembang biak dengan ovovivipar.

  5. Salamander
    Salamander
    Salamander

    Salamander merupakan hewan amphibi yang hidup di dua alam dan memiliki ciri fisik yang hampir mirip sekali dengan kadal, bertubuh ramping, bermoncong pendek, dan memiliki ekor panjang. Hewan ini berkembang biak dengan cara ovovivipar, dan memiliki habitat di air.

FAQ | Frequently Asked Questions

Apa yang dimaksud dengan hewan Ovovivipar ?

Hewan yang memiliki proses perkembangbiakkan dengan mengkolaborasikan metode ovipar dan vivipar sehingga hewan dengan sistem perkembangbiakkan ini menghasilkan telur yang tetap tersimpan dalam tubuhnya dan kemudian dilahirkan.

Sebutkan ciri-ciri hewan Ovovivipar !

1. Hewan ovovivipar melakukan pembuahan dan penetasan telur di dalam tubuhnya; 2. Embrio hewan ovovivipar selama berada di dalam tubuh sang induk mendapatkan cadangan makanan dari telur; 3. Hewan-hewan yang berkembang biak secara ovovivipar tidak memiliki kelenjar susu sebagaimana hewan yang melahirkan pada umumnya, sehingga hewan-hewan ini tidak menyusui anak-anak mereka; 4.hewan ovovivipar juga tidak mengasuh anak-anak mereka yang telah lahir sebagaimana hewan vivipar;

Bagaimana proses perkembangbiakan hewan Ovivipar ?

Hewan dengan perkembangbiakkan ovovivipar melakukan pembuahan dan menghasilkan embrio, dimana embrio itu berkembang dalam sebuah telur yang tetap berada di dalam tubuh sang induk dan ketika sudah waktunya telur tersebut akan menetas dan keluar dari tubuh sang induk layaknya hewan yang melahirkan. Namun perlu digaris bawahi bahwa meskipun embrio tetap berada dalam tubuh sang induk, namun ia tidak mendapatkan nutrisi makanan dari sang induk melainkan dari telur yang ditempatinya.

Sebutkan contoh-contoh hewan Ovovivipar !

1. Bunglon; 2. Ikan Hiu; 3. Ikan Pari; 4. Platypus; 5. Salamander;

Nah sekarang sobat sudah tau kan perkembangbiakkan hewan ovovivipar, semoga semakin menambah khasanah keilmuan kita dan jangan lupa untuk terus membaca karna dengan membaca kita akan semakin tau. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya sobat

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.