3 Cara Cek NISN Terbaru Tahun 2021 [Bisa Offline!]

Tahun 2021 merupakan tahun yang cukup berat untuk dilalui termasuk bagi siswa usia sekolah. Adanya pandemi yang menuntut siswa untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) membuat pihak sekolah maupun orang tua siswa harus mempersiapkan budget serta energi lebih dalam menemani siswa mengenyam pendidikan yang mayoritas dilakukan secara daring (online).

Meninjau hal tersebut, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud RI) menyediakan bantuan berupa uang tunai dan kemudahan akses bagi para siswa yang telah memiliki NISN serta tergabung dalam program Kartu Indonesia Pintar (KIP). Oleh karenanya, penting bagi para siswa untuk mengetahui detail data dari NISN yang tercatat dalam data Dapodik untuk kemudian digunakan dalam pengecekan pencarian dana di portal pip.kemdikbud.go.id.

Cara Mengecek NISN Valid 2021

Untuk melakukan pengecekan NISN, Anda harus terlebih dahulu mengetahui salah satu dari informasi berikut, nomor NISN atau detail nama lengkap serta tempat tanggal lahir yang valid serta terdaftar di Dapodik Kemdikbud. Jika Anda tahu salah satu dari informasi diatas, kamu sudah dapat melakukan pengecekan NISN melalui dua pilihan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Cek dengan Nomor NISN

Cara pertama adalah mengecek menggunakan nomor NISN yang kamu punya. Tahapannya tidak sulit, Anda hanya perlu membuka halaman berikut https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ lalu memasukkan kedua data yang diminta yaitu:

  • Nomor NISN: Biasanya berupa deretan angka 10 digit yang menjadi identitas unik setiap siswa yang bersekolah di instansi yang sudah terintegrasi dengan data Dapodik Kemdikbud.
  • Nama ibu kandung: Cukup isi dengan nama ibu kandung Anda dengan nama gadisnya (tidak menyertakan nama ayah di belakangnya). Bisa diisi dengan huruf kecil semua (tidak perlu ada huruf kapital).

Setelah mengisi kedua informasi diatas, Anda harus melakukan verifikasi captcha dengan mengklik kotak disamping tulisan I’m not a robot. Jika informasi yang Anda masukkan benar, maka akan tampil data NISN seperti tampilan dibawah ini:

Hasil Pengecekan Nisn
Hasil Pengecekan Nisn

Cara Cek NISN dengan Nama

Jika Anda lupa atau nomor NISN yang dimasukkan salah pada cara pertama, ada cara alternatif lainnya yang bisa digunakan. Anda dapat mencari data NISN dengan nama lengkap dan beberapa data pendukung. Langkahnya pun cukup mudah, buka halaman berikut ini, https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/caribynama/ lalu masukkan informasi dengan detail mengikuti panduan berikut ini:

  • Nama lengkap siswa: Masukkan nama lengkap Anda sesuai dengan Akte Kelahiran atau KTP yang terdaftar secara resmi di sekolah Anda. Jangan hanya masukkan nama depan atau nama belakang saja karena jika nama tidak lengkap, maka akan muncul pesan “Data tidak ditemukan, pastikan isian variabel pencarian sesuai. Terima Kasih“.
  • Tempat lahir: Masukkan dengan nama Kota atau Kabupaten tempat kelahiran Anda tanpa awalan kota/kab. Jangan masukkan nama wilayah lain seperti tingkat kelurahan atau kecamatan karena yang dibutuhkan hanya Kota atau Kabupaten sesuai tempat di akte kelahiran. Misal nama tempat lahir yang valid: Jakarta, Bandung, Cilacap, dan sebagainya.
  • Tanggal lahir: Klik di kotak form tanggal lahir untuk memunculkan kotak kalender. Anda dapat memilih tahun, bulan serta tanggal lahir lewat kotat tersebut atau mengetiknya secara manual pada kolom tersebut dengan format tahun-bulan-tanggal. Contoh format tanggal lahir yang valid: 2021-03-05
  • Nama ibu kandung: Isi dengan nama gadis ibu kandung tanpa menyertakan nama marga setelah kawin atau panggilan lainnya. Bisa diisi dengan huruf kecil tanpa ada huruf kapital.

Setelah form NISN caribynama terisi semua sesuai panduan diatas, ketuk kotak reCaptcha disamping tulisan I’m not a robot hingga berubah menjadi ikon cheklist hijau. Setelahnya, Anda cukup menekan tombol Cari Data dan data serta nomor NISN Anda akan ditampilkan. Berikut contoh tampilan cara mencari NISN dengan form cari nama:

Hasil Form Caribynama Nisn
Hasil Form Cari Nama NISN

Cara Mengecek NISN dengan QR Code (Offline)

Buat kamu yang belum tahu, untuk berjaga-jaga ketika nisn.data.kemdikbud.go.id sedang tidak bisa diakses ketika kamu membutuhkan pengecekan NISN, kamu juga dapat menyimpan kode QR NISN agar dapat diakses kapanpun bahkan saat kamu sedang offline. Caranya adalah lakukan pengecekan NISN dengan salah satu dari dua cara yang telah dijelaskan diatas, lalu lihat QR code yang terletak dibagian paling bawah data NISN Anda.

Cara Simpan Nisn Dengan Qr Code
Cara Simpan Data NISN Dengan QR Code

Setelahnya, klik kanan pada gambar QR code tersebut lalu pilih opsi Save image as seperti gambar diatas. Dengan cara ini, kamu sudah memiliki data NISN yang dapat dicek tanpa melalui web Dapodik Kemdikbud bahkan dapat dilihat secara offline. Caranya adalah scan qr code tersebut menggunakan kamera ponsel yang sudah terinstall aplikasi QR code scanner yang dapat diunduh gratis di Play Store / App Store.

Cara Cek Penyaluran PIP.kemdikbud.go.id 2021

Jika sudah mendapatkan detail data NISN, selanjutnya kamu bisa melakukan pengecekan status pencairan atau penyaluran bantuan PIP (Program Indonesia Pintar) yang diberikan dari pihak Pemerintah melalui Kemdikbud. Cara melakukan pengecekannya pun relatif mudah, ANda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka portal https://pip.kemdikbud.go.id/ atau https://pip.kemdikbud.go.id/home/cek_nisn jika kamu hanya ingin melakukan status pengecekan NISN saja.
  2. Masukkan data berikut: nomor NISN, tanggal lahir, dan nama ibu kandung sesuai panduan cek data NISN yang sudah kami jabarkan diatas.
  3. Ketuk tombol Cari yang berwarna biru dan tunggu hingga muncul detail data penerima penyaluran bantuan seperti: Nama siswa, Nama Sekolah, Kelurahan dan Kecamatan, Provinsi, serta Bank Penyalur. Untuk contoh hasil pencarian di situs pip.kemdikbud.go.id seperti terlihat pada gambar berikut:
Status Penyaluran Pip Kemdikbud Go Id
Status Penyaluran di PIP Kemdikbud.go.id

Jika sudah muncul data penyaluran bantuan yang dimaksud, selanjutnya Anda tinggal melakukan pengecekan di Bank Penyalur yang tertera pada data PIP Kemdikbud dengan menyertakan nomor NISN. Bagaimana, tidak sulit bukan untuk melakukan status penyaluran bantuan dari Program Indonesia Pintar menggunakan NISN dan cara yang telah kami sebutkan diatas? Selamat mencoba dan semoga kita semua bisa melewati pandemi ini dengan segera ya sobat Statmat!

Written by
Statmat Staff
Join the discussion

Statmat