Burung Pipit

Burung Pipit

Sobat, kamu suka ternak burung? Jika iya, berarti kamu turut menjaga kelangsungan hidup fauna satu ini dan menjauhkan dari kata kepunahan. Terutama ternak burung pipit. Namanya unik, begitu pula dengan hidupnya.

Burung pipit dikenal sebagai burung kecil dengan harga jual yang cukup besar lho. Bagi penggemar burung, pasti akan menghabiskan uang berapa saja untuk bisa memiliki burung yang satu ini.

Gambar Burung Pipit
Gambar Burung Pipit

Selain itu, burung pipit juga kaya akan manfaat. Banyak yang kemudian mencari burung pipit ini untuk dijadikan obat. Waah, sangat berguna ya. Untuk itu, simak artikel ini sampai akhir ya! Come on!

Pengertian

Burung pipit merupakan salah satu jenis burung yang terdapat di daerah manapun. Burung ini biasa kita temui di ranting pohon, tetapi paling sering di sawah.

Pengertian Burung Pipit
Pengertian Burung Pipit

Ya, karena burung pipit banyak dikenal sebagai hama tanaman padi. Hobinya memang makan padi, terutama padi yan telah berbuah. Itulah makanan utamanya.

Burung pipit ini banyak hidup pada daerah yang memiliki iklim tropis, yakni seimbang antara panas dengan dingin. Namun ada juga burung pipit yang hidup di daerah beriklim dingin lho. Meski jumlahnya bisa dikata minoritas.

Burung pipit berkembang dengan cara bertelur dan termasuk dalam hewan ovipar.

Karakteristik

Karakteristik burung pipit ini memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil dari jenis burung lainnya. Paruhnya juga pendek dan mungil. Untuk sel-selnya pun sama dengan sel hewan lain.

Burung ini sering menjadi perhatian para petani saat musim padi mulai menguning. Karena memiliki bentuk tubuh yang kecil, mereka sering bersembunyi di balik padi sehingga membuat para petani tidak melihat. Burung pipit sering menjadi hama ketika musim panen ini.

Karakteristik Burung Pipit
Karakteristik Burung Pipit

Burung pipit memang berbeda dengan burung lain, juga bukan termasuk burung hias. Suaranya yang biasa saja membuat pecinta burung kurang tertarik untuk merawatnya.

Tetapi ada beberapa kelebihan si burung pipit ini diantaranya bisa untuk obat. Wah, jadi meskipun burung kecil tetapi cabe rawit ya. Banyak manfaat.

Jenis

Burung pipit ini memiliki beberapa jenis juga, termasuk ditentukan oleh wilayah tempat tinggal, iklim, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui apa saja jenis Burung pipit beserta gambarnya, simak di bawah ini ya!

1. Bondol Arfak

Gambar Burung Pipit - Bondol Arfak
Gambar Burung Pipit – Bondol Arfak

2. Black Breasted Miniatur

Gambar Burung Pipit - Black Breasted Miniatur
Gambar Burung Pipit – Black Breasted Miniatur

3. Buff Belied Manikin

Gambar Burung Pipit - Buff Belied Manikin
Gambar Burung Pipit – Buff Belied Manikin

4. Chesnut Breasted Manikin

Gambar Burung Pipit - Black Breasted Miniatur
Gambar Burung Pipit – Black Breasted Miniatur

5. Black Breasted Munia

Gambar Burung Pipit - Black Breasted Munia
Gambar Burung Pipit – Black Breasted Munia

6. Streak Headed Manikin

Gambar Burung Pipit - Streak Headed Manikin
Gambar Burung Pipit – Streak Headed Manikin

Manfaat dan Khasiat Daging

Seperti yang telah diuraikan di atas, bahwa Burung pipit ini memang bukan burung hias apalagi burung dengan suara emas. Namun sejatinya, burung ini memiliki banyak manfaat terutama untuk manusia. Jadi jangan melulu membenci burung ini karena sering memakan padi ya.

1. Mengatasi Mata Berair

Jika tanpa ada gejala sakit atau terkena hal yang lain, tiba-tiba mata kamu berair tentu akan sangat membuat tidak nyaman kan? Memang sekarang terdapat obat dari dokter yang bisa secara langsung mengatasi mata berair. Tapi orang dahulu percaya, bahwa mengkonsumsi daging burung pipit mampu mengatasi mata berair.

2. Menghilangkan Kutil

Kutil merupakan suatu hal yang sangat mengganggu kan? Jika kamu memiliki kutil, inilah solusi menghilangkannya!

Ramuan orang Jawa terdahulu memang sangat ampuh dan mujarab. Daging Burung pipit yang dihaluskan dengan dicampur air liur manusia, dipercaya dapat menghilangan kutil.

Tentunya dengan pemakaian secara rutin ya, agar kutil bisa segera hempas dari tubuh kamu.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Banyak obat dan vitamin kimia yang digunakan oleh medis untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

Tetapi itu jaman sekarang sob, coba kita tengok jaman nenek kita dulu. Bukan obat kimia yang dikonsumsi, melainkan apa saja yang terdapat di alam termasuk burung pipit ini.

Memakan daging burung pipit secara rutin yang telah diolah dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Daftar Harga Burung Pipit

Meski dikira burung kecil dan tidak terlalu memikat, ternyata burung pipit ini masuk dalam kategori burung yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Harga burung pipit ini juga sangat menjanjikan lho. Bisa dilihat pada tabel harga berikut:

Jenis Burung PipitHarga
AnakanRp 5.000 – Rp 10.000
IndukanRp 6.000 – Rp 12.000
GacorRp 20.000 – Rp 50.000

Harga Burung Pipit/Finch Impor

Burung pipit ternyata menjadi komoditi yang berharga di negara lain, seperti Australia. Burung pipit memang biasa hidup pada negra beriklim tropis. Berikut daftar harga burung pipit impor yang tercatat di negara kita.

NamaHarga/Pasang
Red crested cardinal (Angry Bird)15jt
Red-siskin5,5jt
Goldfinch-major4jt
Large-bullfinch3,5jt
Green-cardinal3jt/lakian
Hawk-finch eropa2,5jt
Gold-finch2jt
Bull-finch2jt
European-siskin1jt750
Redpoll-siskin1jt750
Chaffinch1jt750
Green-finch1jt500
Black-headed-blue-whitebreasted-gouldian1jt500
Mexican-house-finch950rb
Owl-finch1jt
Diamond-sparrow1jt
Red-headed-parrot-finch1jt
Mozambique-granti800rb
Zebra-finch-holland450-850rb

Harga Burung Pipit/Finch Lokal

NamaHarga
Strawberry.FinchRp.100.000 Sepasang
Zebra.FinchRp.400.000 Sepasang
Bull.FinchRp.4.000.000 Sepasang

Mengapa harga burung pipit begitu mahal bahkan banyak yang mengincarnya? Karena sebenarnya manfaat yanng dihasilkan burung pipit ini juga lumayan besar. Belum lagi jika dilatih, ternyata suara kicau burung pipit juga sangat merdu. Untuk itulah mengapa banyak sekali yang menginnginkan burung pipit ini untuk diternak dan dibudidayakan.


Oke itulah penjelasan mengenai Burung Pipit ya, semoga bermanfaat dan dapat menjadikanmu sosok yang mencintai makhluk Allah. Sekian dan bye!

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.