Mengenal Apa itu Kabel RCA, Ciri-ciri dan Fungsi Penggunaannya

M

Ketika Anda sedang mengotak atik perlengkapan elektronik, pasti pernah bertanya-tanya sebenarnya apa fungsi kabel berwarna-warni yang tersedia. Tentunya setiap kabel tersebut memiliki fungsi dan peruntukan yang khusus serta berbeda-beda, seperti pada kabel RCA.

Jika Anda sampai salah menancapkan kabel RCA, maka alat elektronik tidak akan bisa bekerja normal seperti biasanya. Oleh sebab itu, penting sekali mulai sekarang untuk memahami apa itu kabel RCA dan sebenarnya untuk apa fungsinya pada perlengkapan elektronik.

Pengertian Kabel RCA

Ketika sedang mencoba menyalurkan antara TV dan VCD tentunya Anda harus membutuhkan kabel yang memiliki tiga buah colokan. Nah, kabel ini disebut dengan kabel RCA. Secara umum kabel RCA disebut dengan juga dengan kabel phone.

Fungsi kabel RCA adalah untuk mengirim atau mentransfer sinyal dalam bentuk suara dan gambar. Biasanya kabel RCA akan sangat dibutuhkan pada perangkat elektronik, seperti VCD/DVD, Tape, Televisi, CCTV, dan masih banyak lagi.

RCA memiliki nama panjang yaitu Radio Corporation of America. Kabel RCA memiliki fungsi untuk mengirimkan sinyal analog ke alat-alat elektronik lainnya. Kabel ini dikenalkan pertama kalinya pada 1940 yang awalnya berfungsi untuk menghubungkan pada alat radiofotografi di rumah.

Seiring perkembangan zaman dan meningkatkan kebutuhan alat elektronik, maka kabel RCA semakin banyak digunakan untuk alat-alat lain yang membutuhkan suara dan gambar.

Ciri-Ciri Kabel RCA

Nah, bagi Anda yang masih bingung mana yang disebut kabel RCA, berarti harus memahami ciri-cirinya. Biasanya kabel RCA memiliki tiga kabel dengan tiga kepala untuk ditancapkan ke tujuan. Pada setiap kabel dengan kepalanya itu memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Biasanya untuk kabel RCA dengan kepala berwarna kuning memiliki fungsi untuk mengirim sinyal video ke alat elektronik lain. Kemudian kabel RCA berkepala merah dan putih fungsinya adalah sebagai pengirim sinyal suara dengan mode stereo, yaitu untuk kanan dan kiri.

rca audio video jack
rca audio video jack

Jika salah satu tidak ditancapkan, maka mode stereo tidak aktif. Sehingga untuk mengaktifkannya Anda harus memastikan kedua kepala kabel ini tertancap pada alat elektronik tujuan.  Selain itu, saat ini kabel RCA juga terus mengalami perkembangan dalam hal penggunaanya.

Sehingga ciri khas kabel juga menjadi ikut berkembang. Saat ini ada kabel HDMI to RCA, VGA to RCA, TRS to RCA, dan lain-lain. Kuncinya perhatikan jika ada beberapa pilihan warna bisa dipastikan itu adalah kabel RCA.

Fungsi dan Penggunaan Kabel RCA

1. Pengiriman Video

Secara umum, seperti apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, kabel RCA memiliki fungsi khusus untuk menyambungkan perangkat dalam bentuk audio dan video yang memiliki basis multimedia. Biasanya Anda bisa menggunakan kabel RCA ini menuju ke PC atau komputer dengan bantuan alat lain, seperti video capture card.

Jika Anda menggunakan alat ini maka bisa melakukan pengiriman video dengan sangat mudah dan cepat dari perangkat lain, seperti kamera ke PC.

2. Untuk Audio Mobil

Selain itu, fungsi kabel RCA bisanya juga sering sekali digunakan untuk mendukung audio di dalam mobil. Kabel akan dimanfaatkan untuk jalur utama analog yang asalnya dari head unit menuju ke amplifier dan sumber lain.

Keunggulan kabel RCA ini diklaim memang lebih baik untuk mengirimkan sinyal dalam bentuk audio atau suara. Karena struktur kabel yang sangat baik membuat pengiriman sinyal audio juga lebih berkualitas. Efeknya suara yang dihasilkan bisa lebih jernih dan sempurna.

3. Untuk Speaker Eksternal

Nah, biasanya Anda juga menggunakan kabel RCA ini untuk menghubungkan antara speaker dengan komputer atau laptop. Sebenarnya bisa saja Anda menggunakan kabel RCA dengan tiga warna. Namun, yang harus Anda pasang ke speaker adalah warna merah dan putih.

Karena untuk warna kuning berfungsi untuk mengirimkan sinyal video. Struktur di dalam kabel kuning tentunya juga berbeda dibandingkan kabel merah dan jua putih. Sebab, pengiriman sinyal dalam bentuk video membutuhkan karakter kabel yang khusus. Jika ingin membuka video, Anda bisa memasukkan kabel yang berwarna kuning dan video akan bisa ditampilkan.

pilihan colokan rca

4. TV Tuner

Selain dimanfaatkan untuk beberapa perangkat multimedia, kabel RCA juga biasa digunakan pada TV Tuner. Namun, jika Anda menggunakan TV Tuner bersama dengan kabel RCA, maka perhatikan dengan baik apakah saling mendukung atau tidak.

Karena sebenarnya ada dua jenis TV Tuner yang ada yaitu TV Tuner langsung ke motherboard dan TV Tuner eksternal bisa ke USB. Nah, cobalah untuk menghubungkan kabel konektor RCA menuju ke TV Tuner pada PC yang Anda gunakan.

Agar bisa bekerja dengan baik, pastikan warna kabel RCA sudah sesuai dengan lubang sasaran. Jika tidak maka akan menyebabkan suara dan gambar tidak bisa ditampilkan. Karena posisi kabel tidak sesuai dengan fungsinya.

Kabel RCA memiliki fungsi yang sangat penting untuk mendukung audio dan video. Tapi Anda harus selalu perhatikan agar kabel RCA ini berjauhan dengan arus listrik tinggi, karena bisa mengganggu hasil audio video. Usahakan juga kabel tidak terlalu panjang agar pengiriman sinyal tetap bagus.

About the author

Statmat Staff

Suka berbagi pengetahuan. Dan semoga bermanfaat.

Add Comment