Perhatian!Rumus error? gunakan google chrome atau firefox

Pengertian, kegunaan dan jenis-jenis grafik dalam statistika

Pengertian  grafik – Jenis-jenis grafik perlu Anda ketahui sebelum mulai mempelajari statistika. Grafik adalah suatu media gambar yang dijadikan sebagai alat untuk menyajikan informasi yang lebih dinamis dan informatif serta menarik. Memahami jenis-jenis grafik diharapkan anda mampu membaca dan menggunakan grafik sesuai fungsinya masing-masing. Meskipun tergolong sederhana penggunaan grafik yang salah akan sulit untuk dibaca oleh orang lain, bahkan tidak jarang maksud data yang disajikan tidak tidak sampai pada pembaca karena kesalahan menggunakan grafik dalam penyajian.

Fungsi grafik

Grafik berfungsi untuk membantu penyajian data sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Selain dalam bentuk grafik biasanya data juga  biasa disajikan dalam bentuk tabel, namun data yang disajikan dalam bentuk tabel dianggap kurang menarik.

Seperti saat ini, hampir seluruh organisasi dari pemerintah maupun swasta menggunakan grafik dalam menyajikan data untuk kepentingan sosialisasi promosi maupun laporan pertanggungjawaban perusahaan atau organisasi. Anda bisa lihat berbagai bentuk infografis yang hampir sama sekali tidak menyajikan tabel karena dinilai kurang informatif dan kurang menarik.

Jenis-jenis grafik

1. Grafik batangPENGERTIAN, KEGUNAAN DAN JENIS-JENIS GRAFIK DALAM STATISTIKA

Grafik batang termasuk salah satu grafik yang paling banyak digunakan, jenis grafik ini memiliki banyak bentuk. Tipe-tipe data yang dapat disajikan dalam bentuk grafik batang adalah sebagai berikut:

a. Proporsi dari beberapa populasi.

Jenis data seperti ini dapat disajikan dalam bentuk grafik di mana masing-masing populasi akan diwakilkan oleh satu batang grafik dengan nilai maksimum 100 dan nilai produksinya adalah 0 sampai 100.

b. Menggambarkan perkembangan Suatu data.

Meskipun data berupa pertumbuhan atau perkembangan sesuatu, biasanya disajikan dalam bentuk grafik garis namun grafik batang juga dapat digunakan untuk menyajikan data pertumbuhan sekaligus melihat perbandingannya.

c. Perbandingan individu dalam satu kelompok

Contoh data untuk kasus perbandingan misalnya, terdapat 5 orang pegawai bank yang akan ditugaskan untuk mencari kreditur. Masing-masing pegawai harus mendapatkan kreditur sebanyak 10 orang. Dengan grafik batang perbandingan ini dapat disajikan dengan gambaran setiap orang akan diwakilkan dengan satu batang grafik dengan nilai 0 sampai 10. Artinya jika 10 maka target 10 orang kreditur sudah tercapai.

Kelebihan dari grafik ini adalah mampu menjelaskan informasi yang lebih banyak dibandingkan jenis grafik lain.

2. Grafik lingkaran (Pie Chart)PENGERTIAN, KEGUNAAN DAN JENIS-JENIS GRAFIK DALAM STATISTIKA

Grafik lingkaran umumnya digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk persentase. Keterbatasan grafik ini dalam menyajikan data, umumnya hanya berupa data dari tabel satu arah. Kelebihan menyajikan data dalam bentuk grafik lingkaran adalah dari segi visualisasi. Visualisasi pada grafik lingkaran memiliki banyak sekali karakter yang unik dan enak dilihat. Sehingga karakter data yang sedikit yang masih dapat disajikan dalam bentuk grafik lingkaran akan sangat baik jika menggunakan grafik ini.

3. Grafik Garis

PENGERTIAN, KEGUNAAN DAN JENIS-JENIS GRAFIK DALAM STATISTIKAGrafik garis umumnya digunakan untuk menyajikan data berupa trend atau perkembangan suatu informasi dari waktu ke waktu. Dengan menggunakan grafik garis kita dapat melihat adanya sebuah trend menaik atau menurun pada suatu data dalam waktu tertentu. Grafik garis memiliki visualisasi yang kurang menarik dibandingkan dengan grafik lingkaran. Namun bicara tentang cocok atau tidaknya penggunaan grafik tergantung dari jenis data yang akan ditampilkan.

4. Grafik Titik

PENGERTIAN, KEGUNAAN DAN JENIS-JENIS GRAFIK DALAM STATISTIKAGrafik titik juga merupakan salah satu grafik yang dapat digunakan untuk menyajikan data trend, namun jika dibandingkan dengan grafik garis, grafik garis jauh lebih baik dibandingkan grafik titik namun akan sangat cocok digunakan untuk melihat sebaran data. Selain untuk melihat perkembangan graffiti ini dapat juga digunakan untuk melihat pancaran Suatu data dari kelompok sebarannya. Pencarian data biasa disebut sebagai data out layer.

5. Grafik RadarPENGERTIAN, KEGUNAAN DAN JENIS-JENIS GRAFIK DALAM STATISTIKA

Grafik radar adalah salah satu grafik yang dapat digunakan untuk melihat sebaran data, umumnya juga disebut sebagai grafik laba-laba. Terkadang untuk melihat pencaran Suatu data atau yang disebut sebagai out layer grafik ini sangat cocok untuk digunakan. Aplikasi untuk grafik ini umum digunakan untuk melihat perkembangan kinerja atau kualitas diri seseorang, misalnya kinerja seorang pegawai, pemain sepak bola, dan lain-lain.

Demikian 5 grafik yang dapat digunakan untuk menyajikan data semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *